Wisatawan Asing; Jadi Penonton ASEAN Jazz Festival

Wisatawan Asing; Jadi Penonton ASEAN Jazz Festival

Batam, Kabarindo- Sekitar 100 orang wisatawan asing berbaur dengan wisatawan domestik dan warga Batam memadati pagelaran ASEAN Jazz Festival di Batam, akhir pekan ini.

Wisatawan asal Singapura, George, mengatakan sangat menikmati suguhan musik, pemandangan laut dan makanan laut di AJF.

"Fantastis, saya suka musiknya, suka lautnya, suka keramaiannya, luar biasa," kata dia.

Senada dengan George, wisatawan asal Tanjungpinang, Sarah mengatakan terhibur dengan suguhan musik yang dibawakan 50 artis dari tujuh negara itu.

"Tapi yang paling ditunggu yang dari Thailand, tiap tahun dia hebat," kata Sarah.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan ada banyak pagelaran musik jazz di Indonesia, namun AJF terus dinanti karena tidak hanya memanjakan telinga namun juga mata dan lidah.

"Saya nonton jazz sering, tapi AJF ini tetap ditunggu, karena panggungnya memiliki pemandangan laut dan sea food-nya, gonggong," kata Sapta.

Dalam tiga tahun terakhir AJF digelar di restoran pinggir pantai di kawasan Pelabuhan Harbour Bay.

Menurut Sapta, AJF turut menyerap banyak wisman dari Singapura dan Malaysia yang datang ke Batam khusus untuk menonton pagelaran musik tahunan yang sudah enam kali digelar itu.

AJF menghadirkan kolaborasi antara musisi dalam dan luar negeri. Maestro dari Singapura misalnya, Fabian Lim, berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia Nita Aartsen dan Dwiki Dharmawan. Selain itu musisi asal Turki, Aslan Burhan direncanakan manggung bersama jebolan Grup Band Debu, Naseem Wahid.

Lalu, ada Aslan Burhan dari Turki dengan musik menyerupai irama Melayu. Musiknya dikolaborasikan dengan Naseem Wahid, jebolan grup band Debu.

Terdapat pula warga Indonesia yang tenar di Australia Yuri Jo, akan tampil bersama mantan penggebuk drum band GIGI, Budi.

Penampil lain di antaranya Barry Likumahua, Rika Roslan, Sierra Soetedjo, Andien, Dira Sugandi dan Trie Utami (Indonesia) Steve Thornton (Malaysia), Fabian Lim (Singapura), Glen Dauna Jazz Quintet, Toninho Horta (Brazil), The Brag Pag (Belanda), Sandra Viraj (Filipina), Natasha Pattamapongs (Thailand), Kamal Mussalam and The Eastmania (Dubai) seperti dilansir dari laman antaranews.