Watsan PMI Siapkan Stok Air Minum; Sambut Natal Hari Ini

Watsan PMI Siapkan Stok Air Minum; Sambut Natal Hari Ini

Jakarta, Kabarindo- Kondisi warga korban bencana Topan Haiyan di Pulau Leyte, Filipina, terlihat mulai banyak melakukan aktifitas harian, meski belum sepenuhnya normal.

Menjelang hari Natal, yang merupakan hari libur nasional di Filipina, warga bersiap untuk merayakannya dan tentunya membutuhkan air siap minum.

Taufik Jeremias, Koordinator Pelayanan PMI mengungkapkan Tim Watsan (water & sanitasi) PMI mengantisipasi kebutuhan air pada saat menjelang perayaan Natal 2013.”Beberapa tim produksi air dari lembaga lain, sementara ini menghentikan produksi air Minumnya, karena relawannya akan merayakan natal. Sehingga Tim PMI melakukan koordinasi dengan PRC (Philippines Red Cross) untuk bisa mengantisipasi hal itu,” terangnya siang tadi (24/12) di Water Station Tabontabon, Leyte.

Kebutuhan air minum warga disuplay melalui beberapa puluh water blader yang berada di wilayah Tacloban, Palo, Tanawan, Dagami, dan Tabontabon. “Air yang diproduksi merupakan air siap minum untuk warga disini. Watsan akan melakukan produksi air hingga awal januari mendatang,” tandasnya.

Truk tangki air milik PRC yang memiliki kapasitas 12.000 liter, setiap hari mengambil air dari water station yang dikelola PMI untuk didistribusikan ke wilayah Tacloban dan sekitarnya. “Setiap hari kami dapat mencukupi air bersih setidaknya 16 water blader,” imbuh Taufik.

Sementara itu Tim Medis PMI yang masih melakukan medical mobile kepada warga di beberapa barangay. Cuaca yang selalu hujan dan angin mengakibatkan banyak warga mengalami masalah kesehatan seperti gatal dan saluran pernafasan.

Hon Pastor B Tinaya, Kapten Barangay Se wilayah Tabontabon mengatakan bahwa warga disini sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dan juga air minum. “Tim PMI sangat membantu warga kami di Provinsi Leyte dalam pelayanan kesehatan dan penyediaan air minum. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pelayanannya,” ujarnya saat mendampingi tim medis di Barangay Jabong, Tabontabon, Leyte, Filipina seperti rilis yang diterima redaksi.