Wapres Ri Jusuf Kalla; Pakai Batik Di Sidang Majelis Umum PBB Ke-70

Wapres Ri Jusuf Kalla; Pakai Batik Di Sidang Majelis Umum PBB Ke-70

Cikini, Jakarta, Kabarindo- Dari rilis dan foto yang diterima redaksi dari Setwapres.

Bertempat di General Assembly Hall, Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Jumat (2/10) kemarin.

Wapres memakai batik juga untuk merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati di tanah air.

Bertepatan pula dengan disahkannya batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Jumat malam, Wapres akan meninggalkan New York untuk kembali ke tanah air, dengan menumpang pesawat Emirat.

Diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 4 oktober 2015.

Hal yang menarik adalah kesenjangan sosial yang terjadi di hampir seluruh negara di dunia masih menjadi tantangan utama global yang harus diselesaikan.

Itu adalah paparan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pidato Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang Penerapan Agenda Pembangunan Pasca-2015 di New York, Amerika Serikat

Selain ketimpangan terkait kemiskinan, tantangan global baru juga meningkat, seperti ketimpangan energi, kesenjangan infrastruktur, konsumsi yang tak berkelanjutan, keterbatasan produksi, serta perubahan iklim.

“Peningkatan konflik juga menghambat perbaikan di banyak negara,” ujarnya dalam pidatonya.

Setelah 15 tahun penerapan program pembangunan milenium atau millenium development goals (MDGs), beberapa target telah terpenuhi.

Secara global, kemiskinan berkurang separuhnya, 3,3 juta kematian akibat malaria terhindarkan, 2,3 miliar orang telah mendapat akses air minum layak dan pendidikan.

Menurut dia, Agenda  Pembangunan Pasca-2015 merupakan jaminan untuk generasi mendatang yang akan ditinggalkan warisan dunia berupa kesejahteraan melalui pembangunan berkelanjutan.