WNI New York; Peringati Detik-Detik Proklamasi RI

WNI New York; Peringati Detik-Detik Proklamasi RI

Jakarta, Kabarindo- Hari Ulang Tahun ke-68 Republik Indonesia di New York, Sabtu kemarin.

Diperingati dengan sebuah upacara yang diikuti oleh warga negara Indonesia.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI itu dilangsungkan di Gedung Konsulat Jenderal RI, dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di New York, Ghafur Akbar Dharmaputera.

Upacara antara lain dihadiri oleh Duta Besar RI untuk PBB, Desra Percaya, para pejabat perbankan Indonesia di New York serta tokoh-tokoh masyarakat Indonesia.

Berlainan dengan pelaksanaan upacara di berbagai tempat lain, peringatan HUT RI di Konsulat Jenderal itu tidak ditandai dengan upacara bendera, mengingat kompleks Konjen RI tidak memiliki taman luar sehingga upacara tersebut dilakukan di dalam gedung.

Upacara pada Sabtu antara lain diisi dengan pembacaan teks proklamasi, Pancasila dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Masyarakat yang mengikuti upacara diajak berpartisipasi dengan membawakan aubade, yaitu menyanyikan lagu "Tanah Airku" ciptaan Ibu Sud dan "Hari Merdeka" ciptaan H. Mutahar.

Rangkaian upacara ditutup dengan pemotongan tumpeng, pembagian hadiah bagi para juara berbagai lomba olahraga dan silahturahmi.

Selama silahturahmi, para peserta upacara disuguhi makanan khas Indonesia, seperti ayam bakar bumbu rujak, telur balado, urap sayuran, siomay, bakso kuah dan beraneka kue.

Konjen Ghafur Akbar Dharmaputera mengatakan rangkaian kegiatan Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-68 belum selesai.

"Kami akan mengadakan sebuah pesta rakyat pada 31 Agustus ini sebagai variasi dari kegiatan kemasyarakatan yang biasanya kita lakukan di Alley Pond," ujarnya seperti dilansir dari laman antaranews.

Alley Pond yang dimaksud Ghafur adalah sebuah lapangan besar di daerah Queens, New York, yang biasanya dipakai KJRI New York untuk menyelenggarakan berbagai pertandingan olahraga, lomba dan kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka memperingati HUT RI.

Sebagai gantinya, tahun ini KJRI akan menggelar "Pesta Rakyat 2013" di Flushing Town Hall, yang akan diisi dengan penampilan bidang seni dan budaya, bazaar makanan dan barang-barang.