Usmail Ismail Award 2017; Tayang 22 April 2017

Usmail Ismail Award 2017; Tayang 22 April 2017

Usmar Ismail Meeting Room, Jakarta, Kabarindo- Indonesia punya Golden Globenya sendiri.

Yah, ajang festival yang semua dewan jurinya adalah wartawan, Usmar Ismail Award memasuki tahun ke-II yang makin komprehensif, profesional dan apresiatif.

Dari pertemuan seluruh dewan juri awal dan akhir terdiri dari para wartawan senior seperti Wina Armada, Akhlis Suryapati, Hardo Sukoyo, Herlius, Ipik dan Rita LSF juga wartawan-wartawan yang masih aktif seperti Akbar, Benny Benke, Retno, redaksi sendiri, Shandy Gasela dan lainnya. Ada 40-an wartawan yang akan menjadi juri awal dan akhir perhelatan Usmar Ismail 2017.

"Menghindari narcisme, mengusung netralitas, like n dislike dan memang sbg pengusung awal Usmail Ismail Award 2016 lalu 'nekat' mengawali Festival Film yang menjauhkan penjuriannya dari stakeholdernya yakni orang-orang film, jadi 40an juri awal dan akhir dari unsur wartawan, pengamat dan masyarakat," jelas AdiSurya Abdi sebagai pengagas dan kini Direktur Sinematek Indonesia.

Lanjut dijelaskan Sonny P Sasono sebagai Ketua Panitia Penyelenggara juga mewakili Yayasan PPHUI bahwa UIA 2017 punya momentum Hari Film Nasional 30 Maret Monumen Usmar Ismail yang berposisi di Bandung yang menjadi lokasi dari film beliau Darah & Doa dikenal Long March sebagai diplomasi kebudayaan dan mengawal usulan alm. Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional. 30 Maret juga menjadi Malam Pengumuman 30 Film Nasional yang terjaring menuju penjurian akhir disiarkan langsung di Trans7 di PPHUI Jakarta.

"Ada 136 judul film Indonesia akan dinilai oleh juri awal menjadi 30 Film Pilihan menuju penjurian akhir," jelas Yan Widjaja sebagai salah satu dewan juri.

Lanjut dijelaskan bahwa sejumlah wartawan sebagai juri awal akan menonton semua film bertolak 13 unsur yang dinilai dan sudah ada 30 film dan berganti terus untuk meraih penghargaan Usmail Ismail Award 2017.

UIA 2017 yang digadang-gadang sebagai Golden Globenya Indonesia memang tidak ada nominasinya yang khas 30 Film Nasional sebagai 30 Film Pilihan jadi semua film bisa terjaring dari kekuatan dari tiap film. Jadi semua dewan juri UIA adalah WARTAWAN.

13 Unsur tersebut adalah:

1. Film Terbaik
2. Unsur Sutradara Terbaik
3. Unsur Penata Kamera Terbaik
4. Unsur Aktor Utama Terbaik
5. Unsur Aktris Utama Terbaik
6. Unsur Aktor Pendukung Terbaik
7. Unsur Aktris Pendukung Terbaik
8. Unsur Penulis Skenario Terbaik
9. Unsur Penata Musik Terbaik
10. Unsur Penggubah Lagu Terbaik
11. Unsur Penata Suara Terbaik
12. Unsur Penata Artistik Terbaik
13. Unsur Penyunting Gambar Terbaik

Film yang dipilah dan dipilih oleh para Wartawan, itulah Usmar Ismail Award 2017. Nantikan 30 Maret Film Terpilih yang akan diumumkan pas Hari Film Nasional memeringati syuting hari pertama Alm Usmar Ismail d Bandung, Darah & Doa.


Dont Miss It..............!