Universitas Bina Darma; Jadi Kampus Go Paperless

Universitas Bina Darma; Jadi Kampus Go Paperless

Palembang, Kabarindo- Guna mewujudkan ekosistem belajar yang praktis dan ramah lingkungan, Universitas Bina Darma bekerjasama dengan Aksaramaya selaku pengembang aplikasi Moco membangun Perpustakaan Digital dengan nama ePustaka Bina Darma.

Kerjasama Universitas Bina Darma dan Aksaramaya diresmikan 17 September 2014 di Kampus Bina Darma, Palembang bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Seluruh buku ajar yang akan digunakan mahasiswa diterbitkan dalam bentuk eBook dapat diakses melalui Moco menggunakan berbagai device mulai dari PC, laptop, tablet, serta smartphone di dalam ePustaka Bina Darma. ePustaka direncanakan akan menjadi pusat belajar dan diskusi secara digital serta menampung seluruh buku ajar karya para dosen yang digunakan sebagai bahan ajar resmi.

Moco sebagai aplikasi social reading pertama di Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan dalam mengakses buku dan membuat aktivitas membaca buku menjadi menyenangkan.

Fitur social media yang turut dibenamkan di dalam aplikasi Moco dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi satu sama lain. Fitur yang tersedia antara lain chat, review, share, dan recommend ebook.

“ePustaka Bina Darma dibuat untuk memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa dalam mengakses buku ajar sehingga proses belajar menjadi lebih praktis. Mahasiswa dapat mengakses lebih dari 40 buku ajar dengan harga yang sangat terjangkau, dengan cara menjadi member ePustaka Bina Darma”, jelas Indra Yustiawan, Head of Marketing Communication Aksaramaya.

Penyediaan ePustaka ini dilakukan Bina Darma seiring dengan visi Bina Darma untuk  menjadi Universitas Berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi dan menjadikan Bina Darma sebagai Universitas pertama di Palembang yang memiliki program paperless dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

“ePustaka Bina Darma dapat mulai digunakan oleh seluruh mahasiswa baru dan kedepannya digunakan oleh seluruh mahasiswa. Dibuatnya ePustaka ini merupakan wujud komitmen Aksaramaya dan Universitas Bina Darma untuk menciptakan ekosistem belajar berbasis teknologi informasi yang praktis, efisien, dengan harga terjangkau. Mahasiswa dapat membaca seluruh bahan ajar dengan cepat dan praktis kapan saja di mana saja”, demikian jelas Sulasmo Sudharno, CEO Aksaramaya.
Dengan peluncuran fasilitas tambahan ini, Universita Bina Darma dapat menjadi kampus pertama di Sumatera Selatan yang melakukan kegiatan belajar mengajar secara paperless, yang diaplikasikan secara bertahap untuk seluruh mahasiswa baru semester ganjil tahun 2014. Buku ajar yang akan dimasukkan di dalam ePustaka Bina Darma akan terus bertambah, seiring dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa. Dengan adanya program ePustaka ini, diharapkan Universitas Bina Darma dapat menjadi inspirasi bagi pelaksana pendidikan lainnya dalam menciptakan ekosistem belajar yang lebih praktis.