Ujian Masuk-PTKIN 2015; Sukses Digelar

Ujian Masuk-PTKIN 2015; Sukses Digelar

Lapangan Banteng, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka memperluas akses pendidikan bagi manusia Indonesia, Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 23-24 Juni 2015 menyelenggarakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, terdiri dari 34 propinsi di Indonesia dan 11 sekolah Indonesia di luar negeri, yang terdiri dari lingkup SMA, MA, SMK, Pesantren Mu'adalah maupun paket C.

Tahun ini Program Studi yang ditawarkan sebanyak 1.043 yang tersebar di 55 PTKIN di Indonesia dan diminati oleh 163.745 peminat.
Sementara daya tampung atau kuota yang disediakan sebanyak 50.532 kursi.

Adapun seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN ini sudah berlangsung sejak tahun 2010 dan mendapat apresiasi yang baik dari Satuan Pendidikan tingkat menengah di Indonesia dan jumlah peserta meningkat cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Pelaksanaan ujian tulis UM-PTKIN bertempat di 55 PTKIN dan dilakukan secara serentak dengan 5 mata uji, diantaranya meliputi Tes Potensi dan Sikap Akademik, Tes Kebahasaan, Tes Keislaman, Tes Ilmu Pengetahuan Alam dan Tes Ilmu Pengetahuan Sosial. Disamping itu naskah ujian dicetak dan didistribusikan melalui tiga tempat yaitu wilayah Sumatera oleh UIN Sultan Syarif Kasim Riau, wilayah Jawa dan Kalimantan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan NTB oleh Alauddin Makassar.

Dan berdasarkan data Panitia Pelaksana UM-PTKIN, ada 3 program studi di PTKIN  yang paling diminati, seperti Perbankan Syariah, Manajemen dan prodi Kesehatan masyarakat.

"Banyaknya peserta yang berminat masuk PTKIN, menjadi tantangan bagi kita untuk mendidik anak-anak bangsa ini melalui jurusan keagamaan agar mereka juga memiliki modal dalam pemahaman tentang keagamaan", tutur Kamarudin Amin, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama pada acara jumpa pers di lapangan banteng, Jakarta.

Seleksi peneriamaan sangat ketat, hal ini terbukti dengan menghindari berbagai kecurangan yang akan terjadi, seperti dari tempat duduk sampai soal-soal ujian yang terselektif bagi para peserta.

Kemarin 24/07/2015 dan hari ini 25/07/2015, Panitia UM-PTKIN akan melakukan sidang kelulusan dan tanggal 27/07/2015 pukul 07.00 WIB akan diumumkan kelulusan para peserta, dan info kelulusan dapat dilihat di website resmi, http://um-ptkin.ac.id .

Dan perlu diketahui bagi para peserta yang lulus, harus segera melakukan pendaftaraan ulang pada setiap PTKIN sesuai tempat penyelenggaraannya.


Sukses Para Peserta yang lulus di PTKIN....