ULAP 2013 Di Banjir Kanal Timur; Sukses Libatkan Ratusan Seniman Betawi

ULAP 2013 Di Banjir Kanal Timur; Sukses Libatkan Ratusan Seniman Betawi

Jakarta, Kabarindo- Penyelenggaraan Unjuk Laga Atraksi Panggung (ULAP) 2013 di Kanal Banjir Timur melibatkan ratusan seniman asal Betawi di Jabodetabek.

"Penyanyi Ridho Roma, Lyla, Irma Dharmawangsa ikut serta bersama ratusan seniman menghibur pengunjung," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Gozali di Jakarta, Minggu.

Ahmad Gozali mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Sabtu (14/12) berjalan sukses. Animo masyarakat sangat besar untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Gozali mengatakan, penyelenggaraan ULAP 2013 memberikan kesempatan kepada seniman dan sanggar kesenian Betawi dari wilayah Jabodetabek untuk berunjuk laga di panggung-panggung yang disediakan, mementaskan berbagai atraksi seni budaya Betawi dan Nusantara.

ULAP 2013 menjadi suguhan ragam tampilan menghadirkan sejumlah hiburan seru dan atraktif di antaranya wayang Betawi Tizar Purbaya, The Rain dan Irma Dharmawangsa yang bisa disaksikan sejumlah warga secara cuma-cuma.

Festival Kuliner juga melengkapi event unik dan meriah ini, menampilkan berbagai kreasi sajian khas yang berasal dari penjuru Jakarta, melengkapi pemutaran film layar tancap dan berbagai permainan rakyat.

Ahmad, menyampaikan, acara ULAP 2013 "merupakan ajang khusus" untuk memperkenalkan kawasan Kanal Banjir Timur sebagai destinasi pariwisata baru yang menarik dan indah, sehingga sekaligus dapat memperkuat promosi Jakarta sebagai kota destinasi pariwisata unggulan.

Lebih jauh dikatakan, ULAP 2013 yang dibuka dengan aksi kali bersih bersama masyarakat dan sekitar 120 personil Marinir TNI AL juga memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk dapat melestarikan lingkungan hidup yang baik dan terjaga kebersihannya di sekitar kawasan Kanal Banjir Timur ini.

Sementara itu, Kepala Staf Pasukan Marinir 2 TNI Angkatan Laut, Brigjen Yuniar Lutfi mengatakan, "Kami begitu senang bersama masyarakat turut andil dalam Aksi Kali Bersih yang mengawali rangkaian acara ULAP".

"Kami mendorong dan mengajak masyarakat untuk selalu turut menjaga dan mempertahankan kebersihan dan keindahan kawasan Kanal Banjir Timur ini," ujarnya.

Lokasi perhelatan ULAP 2013 (ULAP) bertempat di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) ruas Cipinang, terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, di depan SMA 100 Cipinang Timur, Kelurahan Cipinang Besar.

Dua panggung khusus dipersiapkan untuk mementaskan berbagai atraksi seni budaya khas Betawi dari ratusan seniman Betawi yang datang dari wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti kesenian Palang Pintu (Shalawat, Balas Pantung, Rebana, dll), Lomba Menyanyi, Lomba Tari Betawi, Pencak Silat, Lomba Marawis, Lomba Qasidah seperti dilansir dari laman antaranews.