UGM Siap Gelar Festagama; 24 - 25 Mei 2012

UGM Siap Gelar Festagama; 24 - 25 Mei 2012

Yogyakarta, Kabarindo- Festagama 2012 merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mengampanyekan kehidupan kota yang humanis dan baik bagi masyarakat.

Hal itu dipapar oleh Ketua panitia penyelenggara Festagama 2012 Wildan di Yogyakarta, seperti dilansir dari laman AntaraNews.

Menurut dia, kota berperan penting dalam mewadahi setiap aktivitas dan interaksi penduduk, serta kemampuannya untuk merangkul dan berlaku adil pada semua kalangan secara menyeluruh, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan hidup.

"Dengan semakin gencarnya kampanye tentang pembangunan berkelanjutan di berbagai belahan dunia, seolah menjadi angin segar yang mampu mematahkan paradigma pembangunan konvensional," katanya.

Ia mengatakan sejak manusia mengenal cara mengelola sumber daya alam dengan teknologi, menyebabkan dunia hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, sedangkan aspek sosial dan ekologi cenderung diabaikan.

"Fenomena itu membuat kondisi masyarakat, khususnya di perkotaan mengalami kegagalan dalam mewujudkan kehidupan yang manusiawi. Kenyataan ini mendorong kami menyelenggarakan Festagama," katanya.

Menurut dia, Festagama digelar sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota atas kegiatan kuliah kerja perencanaan (KKP).

"Kegiatan itu juga merupakan bagian dari peringatan Dies Natalis `the Golden 50th Age` Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)," katanya.

Ia mengatakan kegiatan yang akan dilakukan antara lain "City Campaign" dengan membagikan selebaran dan poster tentang berbagai isu perkotaan kepada masyarakat.

Selain itu, juga akan dilakukan kegiatan yang menghimpun aspirasi masyarakat dan komunitas Kota Yogyakarta terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Harapan tersebut akan dituangkan dalam surat yang dinamai `Surat untuk Jogja`, yang selanjutnya diserahkan langsung kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X pada puncak acara 25 Mei 2012," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga akan diisi pameran hasil karya mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UGM bertajuk "Pameran Kota" pada 24-25 Mei 2012.

"Pameran itu akan menampilkan sejumlah desain tata ruang dengan tema antara lain kota baru, area perbelanjaan, manajemen transportasi, dan upaya konservasi peninggalan sejarah budaya yang humanis," katanya.

Selain itu, juga diadakan curah pendapat bertajuk "Bicara Jogja, Bicara Masa Depan", yang secara umum membahas mengenai penataan ruang Kota Yogyakarta.