Trafik Data XL Axiata Meningkat 146%; Dibandingkan Periode Natal Tahun Lalu

Trafik Data XL Axiata Meningkat 146%; Dibandingkan Periode Natal Tahun Lalu

Surabaya, Kabarindo- Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk. pada hari raya Natal mengalami peningkatan melebihi trafik pad hari biasa.

Peningkatan trafik data terlihat sepanjang 3 hari sebelum Natal, 25 Desember 2017, hingga 2 hari setelahnya. Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5% dari hari-hari biasa dan paling tinggi kenaikannya adalah pada 25 Desember 2017 yaitu 9%. Sementara dibandingkan dengan periode Natal tahun lalu, trafik layanan data meningkat sebesar 146%. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens.

“Mungkin pada mengucapkan selamat Natal, selain secara tertulis, juga dengan melakukan video call. Layanan video call memang saat ini dapat dilakukan dengan kualitas lebih baik di lebih banyak daerah, karena semakin luas jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata,” ujarnya pada Rabu (27/12/2017).

Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan untuk beraktivitas di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15%. Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, juga berbelanja. Kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Sementara itu terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Yogyakarta menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24%. Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19% dan 7%.