Tips Mata Sehat; Saat Bekerja Lama Di Depan Komputer

Tips Mata Sehat; Saat Bekerja Lama Di Depan Komputer

Surabaya, Kabarindo- Belajar atau bekerja di depan komputer sudah jadi bagian hidup sehari-hari. Ini dilakukan banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari murid sekolah, mahasiswa, dosen, karyawan kantor hingga kalangan profesional.
 
Banyak pula mereka yang mengalami masalah pada mata karena terlalu lama berada di depan komputer tanpa menyadari dampaknya yang dapat membahayakan kesehatan mata. Keluhan yang muncul biasanya adalah mata lelah, kering dan tidak nyaman.
 
Untuk itu, dr Sawitri Boengas, SpM. dari RS Husada Utama (RSHU) Surabaya memberikan tips guna menghindari gangguan tersebut dan menjaga mata tetap sehat saat bekerja lama di depan komputer.
 
Lakukan langkah-langkah berikut:

    Usahakan istirahat malam yang cukup, dianjurkan 8 jam
    Kompres mata dengan air hangat selama 15 menit 3 kali sehari. Celupkan washlap ke dalam air matang yang hangat, lalu kompreskan pada mata yang tertutup selama 15 menit sambil lakukan pijatan ringan pada kelopak mata. Lakukan pada pagi hari sebelum mandi, pulang sekolah dan sebelum tidur malam. Kompres ini berguna untuk menjaga kelembaban mata.
    Konsumsilah sayuran dan buah-buahan segar.
    Perhatikan asupan cairan. Kebutuhan sehari yang dianjurkan pada orang normal adalah 2.5 – 3 liter/hari.
    Gunakan tetes mata sebagai tonik penyegar untuk menjaga kesegaran permukaan mata. Dapat digunakan saat akan membaca, pagi sesudah mandi dan malam sebelum berangkat tidur.

 

    Pada saat belajar atau bekerja, perhatikan hal-hal berikut:

-        Gunakan penerangan yang cukup. Jika penerangan terlalu kecil, mata dipaksa untuk bekerja. Jika terlalu besar akan menimbulkan silau pada mata.
-        Perhatikan jarak baca yang benar yaitu antara 40-60 cm.
-       tur posisi duduk yang nyaman agar kepala tidak terlalu mendongak atau menunduk saat membaca di depan komputer.
-         Atur brightness dan kontras komputer agar nyaman di mata.
-        Hindari posisi komputer menghadap AC.
-        Berkediplah tiap 20 detik di sela-sela membaca lalu lihat detil benda yang berjarak 6 meter bergantian dengan detil benda berjarak 40 cm.
-        Lakukan senam mata ringan dengan gerakkan mata ke segala arah setelah 2 jam membaca.