Tiongkok Tawarkan 100 Beasiswa; Untuk Anak Negeri

Tiongkok Tawarkan 100 Beasiswa; Untuk Anak Negeri

Jakarta, Kabarindo- Kabar baik bagi pelajar di Indonesia yang ingin menuntut ilmu di Tiongkok. Rencananya, pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) akan menyediakan 100 beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin menuntut ilmu di Institut Confusius.

Hal ini disampaikan Presiden RRT Xi Jinping dalam pidatonya usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  di Istana Merdeka, Jakarta,  Rabu, (2/10). “Pada lima tahun mendatang, Tiongkok akan menyediakan beasiswa Konfusius sebanyak 100 mahasiswa yang ingin belajar di sana,” ujar Presiden Xi seperti dilansir dari laman jpnn.

Ia menambahkan, Tiongkok juga bersedia mengundang para ulama Indonesia untuk berkunjung ke negeri Tirai Bambu itu dalam rangka mendorong pertukaran ilmu agama. Tiongkok dan Indonesia, kata dia, tergolong negara besar yang berpengaruh di kawasan dunia. Untuk itu kerjasama dalam berbagai bidang akan terus digalahkan antarpemerintah.

Kerjasama dalam bidang pendidikan antara kedua negara sudah terjalin di tahun-tahun sebelumnya melalui pertukaran pelajar Indonesia dan Tiongkok. Untuk itu, kerjasama tersebut akan terus ditingkatkan.

“Pemerintah RRT juga bersedia mendirikan pusat kebudayaan Tiongkok di Jakarta dan Konsulat Jenderal di Bali,” kata Presiden Xi.