Timnas U-23; Melenggang Ke Semifinal

Timnas U-23; Melenggang Ke Semifinal

Jakarta, Kabarindo- Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2015 setelah mengalahkan tuan rumah Singapura 1-0 (0-0) dalam pertandingan terakhir grup A di Stadion Jalan Besar Singapura, Kamis.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Evan Dimas Dharmono menit ke-46 melalui sebuah serangan yang dibangun di sektor kiri pertahanan Singapura. Bola di dekat kotak penalti langsung disambut tembakan melengkung pemain bernomor punggung enam itu.

Indonesia memastikan diri ke babak semifinal sebagai wakil grup A mendampingi Myanmar yang telah lebih dulu lolos. Pada semifinal yang akan digelar di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (13/6) Indonesia akan berhadapan dengan pemuncak klasemen grup B Thailand, sedangkan Myanmar sebagai juara grup A dipastikan menghadapi Vietnam yang menempati runner up grup B.

Tim asuhan pelatih Aji Santoso itu mengumpulkan nilai sembilan hasil tiga kali menang dan sekali kalah. Sedankan Singapura tertahan di peringkat ketiga dengan nilai enam hasil dua kali menang dan dua kali kalah.

Petandingan Singapura melawan Indonesia merupakan laga hidup mati bagi kedua tim, dimana akhirnya Indonesia bisa mengatasi tekanan tim tuan rumah yang didukung sekitar lima ribuan penonton tuan rumah.

Pupus sudah harapan tuan rumah Singapura untuk bisa terus berkiprah di ajang SEA Games 2015. Bagi tim Indonesia kemenangan itu membuka peluang untuk merajut prestasi emas pada ajang SEA Games 2015 setelah dua kali masuk final SEA Games 2011 di Jakarta dan SEA Games 2013 di Myanmar.

Perjalanan Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2015 pada fase grup A kurang mulus. Pada laga pertama Manahati Lestusen dkk harus mengakui keunggulan Myanmar 2-4. Namun unggul lawan Kamboja 6-1 dan Filipina 2-0 dan tiket ke semifinal akhirnya diperoleh dari tuan rumah Singapura pada laga terakhir.

Ketat
Pertandingan yang dipimpin wasit Kim Heegon dari Korea Selatan ditandai dengan hujan rintik-rintik yang turun beberapa menit menjelang laga menentukan itu dimulai.

Timnas yang mengenakan kostum putih-hijau-putih turun dengan formasi penuh menerapkan pola permainan 4-2-3-1 dengan menempatkan striker Muchlis Hadi Ning Syaifullah sebagai penyerang jangkar.

Sepuluh menit pertama Timnas yang dimotori Evan Dimas mengurung pertahanan Timnas Singapura, bahkan pada menit ke-20 sebuah tembakan Muchlis Hadi Ning sempat mengancam gawang Singapura yang dikawal Muhammad Syazwan.

Evan Dimas, Zulfiandi dan Paolo Sitanggang menjaga keseimbangan permainan di lini tengah sekaligus meredam bola-bola panjang yang diterapkan tim Singapura yang dilatih Aide Iskandar. Babak pertama kedudukan imbang 0-0.

Pada babak kedua, pelatih Singapura Aide Iskandar memasukan Irfan Fandi Ahmad menggantikan Ammy Recha Fristifana sehingga tuan rumah menempatkan dua striker dengan formasi 4-4-2.

Namun justeru ,enit pertama babak kedua, menjadi menit penting di ajang SEA Games 2015 bagi timnas. Sebuah serangan balik dari sayap kanan, menghasilkan bola muntah, langsung dikonfersi menjadi gol oleh Evan Dimas.

Sesaat penonton tuan rumah terhenyak, ketika jala tim tuan rumah bergetar tanpa bisa diselamatkan kiper Muhammad Syazwan Buhari.

Jual beli serangan terjadi pada babak kedua. Singapura yang tertinggal 0-1 meningkatkan serangan, namun kedisiplinan dan tanpa kompromi lini belakang timnas menyelamatkan gawang tim Merah Putih yang dikawal kiper Teguh Amirudin.

Bahkan pada menit 62, sejumlah serangan nyaris membobol tim tuan rumah. Tembakan langsung Evan Dimas, tandukan Muchlis nyaris menambah gol bagi Indonesia.

Sejak menit ke-66, Singapura terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah pemain belakang Wai Lon Hoo mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit.

Pelatih Timnas Aji Santoso melakukan penyegaran lini pertahanan dengan memasukan Vava Mario Zagalo menggantikan M Abdul Lestaluhu. Meski unggul jumlah pemain namun Evan Dimas dkk gagal menggandakan keunggulan.

Hingga pluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 0-1 untuk keunggulan Indonesia. Kartu kuning dikeluarkan wasit Kim Heegon kepada Zulfiandi (Indonesia) dan dua kartu kuning kepada Wai Loon Hoo yang membuat pemain bernomor 13 itu diusir ke luar lapangan.

Susunan pemain
Indonesia: Teguh Amirudin (kiper), M Abduh Lestaluhu/Vava Mario Zagalo, Syaiful Indra Cahya, Evan Dimas, Ahmad Nufiandani, Muchlis Hadi Ning Syaifullah, Manahati Lestusen, Agung Prasetyo, Paolo Sitanggang, Adam Alis Setyano, Zulfiandi,

Singapura: M Syazwan Bahari (kiper), Adam Swandi, Anumathan Mohan Kumar, M Sahil Suhaimi, Ammy Recha Pristifana, Pravin Guanasagaran, Wai Lon Hoo, Shieik Abdul Hadi Othman, M Qassimy Abdul Rahman, Yoo Wong Stanley, Safirul Suhaimi seperti dilansir dari laman antaranews.