Timnas U-19 Indonesia; Siap Kalahkan Korea

Timnas U-19 Indonesia; Siap Kalahkan Korea

Jakarta, Kabarindo - Timnas Indonesia mengandaskan Filipina 2-0 pada pertandingan kualifikasi Piala AFC U-19 Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis malam.

Gol kemenangan Tim Garuda Muda ini diciptakan oleh Muhammad Hargianto pada menit 26 dan Yabes Roni Malaifani pada menit 83. Dengan kemenangan ini Indonesia menempel ketat Korea Selatan dengan sama-sama mengemas enam poin.

Tim Garuda Muda yang dituntut meraih kemenangan pada pertandingan kedua langsung mendapatkan tekanan dari Filipina. Janji pelatih Marlon Manos Maro untuk memberikan kejutan pada tim tuan rumah akhirnya terbukti.

Filipina selama 20 menit pertama mampu menahan gempuran Timnas Indonesia yang dimotori oleh Evan Dimas Darmono. Bahkan pemain tuan rumah nampak kesulitan untuk menerobos pertahanan Filipina yang dikawal oleh Jay R Jalipa Bucayan.

Meski demikian, anak asuh Indra Sjafri tetap bermain dengan tenang. Peluangpun langsung didapat. Lewat tendangan bebas Evan Dimas menit 25, tuan rumah nyaris unggul. Hanya saja tendangan melengkungnya hanya membentur mistar gawang.

Publik Senayan langsung tersentak pada menit 26. Lewat tendangan bebas sekitar 20 meter didepan gawang Filipina, Muhammad Hargianto mampu memecah kebuntuan dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Unggul 1-0 anak asuh Indra Sjafri ini terus meningkatkan serangan baik melalui sayap kanan dan kiri. Bahkan sesekali pemain melakukan tendangan jarak jauh yang mengarah ke arah gawang. Ilham Udin Armayin, Dinan Yahdian maupun Muchlis bahkan terus mengacak pertahanan lawan. Hanya saja hingga babak pertama usai tidak ada penambahan gol.

Memasuki babak kedua, Indonesia bermain lebih trengginas. Evan Dimas, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Ilham Udin Armaiyn terus menekan pertahanan lawan. Hanya saja upaya yang dilakukan masih terbentur pertahanan lawan.

Peluang emas terjadi lewat Zulfiandi. Hanya saja tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti ditepis oleh Ronilo Jr Vallez Bayan. Begitu juga dengan tendangan Evan Dimas yang tertahan pemain belakang lawan. Kondisi ini memaksa Indra Sjafri melakukan pergantian pemain.

Zulfiandi ditarik dan digantikan dengan Paulo Oktavianus sedangkan Dinan Yahdian digantikan dengan Yabes Roni. Kondisi membuat pola serangan lebih variatif. Begitu juga dengan Filipina. Meski terus ditekan sesekali anak asuh Marlon Manos itu merepotkan pertahanan Indonesia.

Akhirnya Yabes Roni Malaifani mampu menjawab tanggung jawab yang diberikan Indra Sjafri. Pemain asal NTT ini mampu memecah kebutuhan dengan menciptakan gol pada menit 83 sehingga membuat Indonesia unggul 2-0.

Meski unggul 2-0 anak asuh Indra Sjafri tidak mengendurkan semangatnya. Serangan demi serangan dilakukan. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit Win Cho kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Pada pertandingan terakhir penyisihan Grup G, Indonesia akan ditantang Korea Selatan, Sabtu (12/10) sedangkan Filipina bertemu Laos.

Susunan pemain Filipina : Ronilo Jr Vallez Bayan (pg), Amani Manuel Santos Aguinaldo, David Angelo Ramos Diamante, Valentino Barot Calvo, Nikko Ralph De Arce Benedicto, Jay R Jalipa Bucayan, Junell Mark Francia Bautista/Gaudin Cuizon, Julian Mariano Noda Clarino, Daniel Bernan Reyes Gadia (k), Keanu Garcia Alvarez/John Christopher dan Jimson Elises Crestal/KK.

Adapun pemain Indonesia : Ravi Murdianto (pg), Putu Gede Juni Antara, Mahdi Fahri Albaar, Muhammad Fatchu Rochman/Hendra Sandi, Evan Dimas Darmono (k), Muhammad Hargianto, Dinan Yahdian Javier/Yabes Roni, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Hansamu Yama Pratama, Zulfiandi/Paulo Oktavianus dan Ilham Udin Armaiyn.

Leave a Reply