Tim UI; Raih Juara Nasional Debat Sospol

Tim UI; Raih Juara Nasional Debat Sospol

Kampus Rawamangun, Jakarta Timur, Kabarindo- Tentu saja membanggakan dan melegakan saat tahu mahasiswa tidak hanya jago berorasi di jalan saja dan jago mendebat para pejabat dan wakil rakyat.

Seharian tim dari Unair Surabaya, STAN Bintaro, Unpad Bandung, UI Jakarta, selain UNJ juga ada Unsoed Purwakerto sudah berjibaku sebagai peserta Debat Nasional Sospol yang digelar oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta-UNJ.

Acara tersebut dibuka resmi oleh PDIII bagian kemahasiswaan, M Yasser Arafat yang menandaskan statementnya agar suara mahasiswa dalam pentas seperti ini bisa jadi perpanjangan tangan dari masyarakat jadi harus implementatif di periode Presiden Jokowi yang khas dengan budaya blusukannya.

Dijelaskan oleh Achwal Farisi selaku ketua BEM FE UNJ bahwa tahun ini ada 15 tim dari 6 kampus berjibaku dari sesi penyisihan, quarter, semi final dan nanti pukul 17.00 penentuan tim yang akan bertemu di final.

Adapun dewan jurinya selain dari Kabarindo, juga utusan dari KPK divisi pendidikan, dan alumnus FE UNJ.
 
"Gelaran Debat Sospol ini adalah momentum awal di periode saya sebagai Ketua BEM FE UNJ paling tidak keberadaan rektor kami Prof Djaali sebagai senior kami di FE sehingga terfasilitasi dengan baik selain itu Indonesia itu negara sakit yang mahasiswa apatis, pengusahanya opurtunis sehingga masyarakatnya mengalami stagnasi sehingga acara seperti ini diperlukan untuk melatih mahasiswa agar tetap bisa membesarkan kampus tidak sebaliknya kampus yang justeru membesarkan mahasiswanya yang begitu bangga dengan jas almamaternya yang warna-warni," pungkasnya.

Jadi mahasiswa itu tidak hanya piawai berorasi dan demonstratif di jalan raya tapi di panggung ilmiah dan pentas debat punya prestasi.

Dari babak penyisihan sampai final banyak materi yang menarik jadi materi debat saat ada dua kelompok berbagi pro atau kontra dalam mengapresiasi mosi yang diberikan steering committe, mulai dari pembatasan pengungsi sampai persoalan kebakaran hutan harus ditanggung oleh siapa atas kerugian yang ditimbulkan di babak final yang menghadirkan tim UI yang digawangi Mujab cs dan tim UNJ dipimpin oleh Sinta cs.

Alhasil dari skor yang tidak berbeda jauh, terpilih tim Universitas Indonesia sebagai juara 1 karena berhasil menyisihkan tim UNJ di babak final.


Congratz......!