Tim Thor; Raih Microsoft CityApp Appathon

Tim Thor; Raih Microsoft CityApp Appathon

Surabaya, Kabarindo- Tim Thor dari Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) memenangkan Microsoft CityApp Appathon, kompetisi pembuatan aplikasi yang dilaksanakan di Sidoarjo, Jawa Timur, pada 7-8 Oktober.
 
Thor menunjukkan keunggulannya dibanding tim-tim peserta lain dengan proyek Road Report (ROAR) yang memudahkan warga dalam memberi masukan kepada pemerintah atau menyampaikan laporan kepada pihak berwenang. Misalnya melaporkan kondisi jalan yang buruk kepada instansi terkait agar segera mendapat tanggapan.
 
Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Microsoft dan CITYNET (Jaringan Regional Otoritas Lokal Pengelolaan Cipta Karya) di Sidoarjo yang didukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
 
Tahun ini pertama kali CityApp Appethon diadakan bersamaan dengan Sidang Komite Eksekutif yang diselenggarakan Kabupaten Sidoarjo, di mana sekitar 100 anggota dan mtra CityNet, termasuk para walikota, pejabat tinggi dan pemangku kepentingan berdiskusi di sidang tersebut.
 
CityApp Appathon di Sidoarjo merupakan bagian dari Microsoft CityNext, sebuah inisiatif global untuk mengubah dan memodernisasi pelaksanaan operasional dan infrastruktur di berbagai kota. Salah satu pilar utama CityNext adalah mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan dan pembinaan serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung inovasi.
 
CityApp Appathon bertujuan memanfaatkan imajinasi dan inovasi kaum pemuda dan pelajar di Sidoarjo untuk mengembangkan solusi yang berkesinambungan secara teknis terhadap tantangan pembangunan urban.
 
Appathon membangun momentum dari kompetisi-kompetisi serupa yang dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk di Changchun, Tiongkok, di Makassar, Indonesia dan di Kathmandu, Nepal.
 
“Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan perekonomian, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan serta menciptakan masyarakat yang modern, berpendidikan, aman dan sehat,” ujar Stefan Sjöström, Vice President Public Sector, Microsoft Asia, dalam rilis yang diterima pada Jumat (9/10/2015).
 
Ia menambahkan, Microsoft CityNext menggunakan pendekatan yang berpusat pada masyarakat untuk membantu kota-kota di Asia mewujudkan visi tersebut.
 
Asrofi, Asisten Sekda Tata Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Pemkab Sidoarjo,   mengatakan, dengan populasi lebih dari 2 juta, Sidoarjo siap menjadi salah satu situs inovasi paling populer di Indonesia pada masa mendatang.
 
“CityApp Appathon merupakan sebuah langkah penting dalam mencapai tujuan kami, yaitu menciptakan kota yang terhubung dan layak huni untuk dapat meningkatkan kualitas hidup seluruh penduduk dan menarik bakat-bakat baru yang akan menyebut Sidoarjo sebagai rumah mereka,” ujarnya.