Tim Indonesia; Uji Coba Jelang Tafisa Games Dunia Ke-6

Tim Indonesia; Uji Coba Jelang Tafisa Games Dunia Ke-6

Jakarta, Kabarindo- Tim liong barongsai Indonesia akan melakukan serangkaian turnamen sebagai uji coba dan persiapan menjelang TAFISA World Games ke-6 di Jakartaa, 6 hingga 12 Oktober 2016.

"Kami sudah mengagendakan mengikuti sejumlah turnamen pada periode bulan ini hingga Oktober mendatang sebagai uji coba," kata Sekjen PB Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PB PLBSI) Ripka Wijaya di Jakarta, Sabtu.

TAFISA (The Association For International Sport for All) World Games merupakan pesta olahraga tingkat dunia untuk cabang-cabang olahraga rekreasi atau yang tidak dipertandingkan pada Olimpiade.

Menurut Ripka, banyak kejuaraan di berbagai daerah, seperi turnaman piala gubernur dan piala wali kota.

Tim Liong Barongsai Indonesia juga sudah beberapa kali mengikuti turnamen atau eksebisi di luar negeri.

Di antaranya pada 6-11 Januari lalu tampil pada "World Hong Kong Luminous Dragon Dance and Lion Dance Championship (pertandingan internasional liong dan barongsai tonggak) di Stadion Hongham Hong Kong 6 hingga 11 Jan 2016.

Menurut Ripka, dengan pengalaman dari berbagai uji tim Indonesia diharapkan dapat bersaing dengan negara-negara lain yang memiliki tim kuat di cabang ini pada TAFISA Games mendatang.

Liong Barongsai merupakan salah satu cabang internasional yang di pertandingan pada TAFISA World Games ke-6 di Jakarta.

Cabang internasional lainnya adalah street soccer, cheerleader, layang-layang, dan electronic sport.

Cabang lainnya meliputi olahraga-olahraga tradisional Indonesia.

Lebih dari 100 negara akan berpartisipasi dalam TAFISA World Games 2016 yang akan dipusatkan di Ancol, Jakarta seperti dilansir dari laman antaranews.