The Body Shop; Siap Bangun Bio-Bridges Di Hutan Batang Toru Sumut

The Body Shop; Siap Bangun Bio-Bridges Di Hutan Batang Toru Sumut

Surabaya, Kabarindo- The Body Shop siap membangun Bio-Bridges di hutan Batang Toru, Sumatra Utara, pada tahun ini.

Rika Anggraini, GM Corporate Communication The Body Shop Indonesia, mengatakan program tersebut akan dimulai pada Juni 2016 sebagai bagian penting dari pelaksanaan komitmen baru di Indonesia untuk membantu pelestarian keanekaragaman hayati. Ini merupakan global project The Body Shop International yang meluncurkan komitmen baru Enrich Not Exploit, It’s In Our Hands.

“The Body Shop percaya bahwa bisnis bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan dan membuat perubahan yang positif. Komitmen baru ini akan diterapkan melalui tiga pilar yaitu Enrich Our Planet, Enrich Our People dan Enrich Our Products,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Senin (11/4/2016).

Dalam proyek tersebut, The Body Shop mengajak kastemer ikut serta dengan cara berdonasi melalui kasir mulai Juni 2016. Secara global The Body Shop International akan memberikan donasi sebesar 50 ribu Poundsterling pada tahun ini. Donasi akan disalurkan melalui mitra lokal. Pada tahap awal akan dialokasikan untuk upaya pembentukan Forest Management Unit, investigasi lahan untuk pengembangan bio-bridges dan proses hukum untuk memastikan status perlindungan bagi lokasi-lokasi kunci pengembangan bio-bridges.

Kebakaran hutan Indonesia yang rutin terjadi setiap tahun membutuhkan usaha perlindungan hutan yang bisa dilakukan oleh siapapun. hutan Batang Toru merupakan rumah bagi orang utan Sumatera dan harimau Sumatera yang hampir punah, juga fauna terancam lainnya seperti siamang, tapir dan pangolin.

Diperkirakan terdapat 10 ribu orang yang bergantung pada ketersediaan air yang bersumber dari daerah tangkapan air di hutan Batang Toru. Bio-Bridges merupakan suatu upaya untuk membangun koneksi di dalam wilayah hutan yang merupakan habitat bagi 400 – 600 ekor orangutan Sumatera yang unik secara genetis.

Sayangnya spesies ini terancam punah. Populasi orang utan terdapat di 3 blok terpisah di dalam hutan Batang Toru sehingga mengancam potensi perkembangbiakannya. Untuk itu, The Body Shop bekerja sama dengan mitra lokal Orang Utan Land Trust dan Yayasan Ekosistem Lestari untuk membangun koridor konservasi bagi kelanjutan hidup orang utan.