The Body Shop; Dukung Gerakan Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020

The Body Shop; Dukung Gerakan Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020

Surabaya, Kabarindo- Pada awal 2015 ini, The Body Shop mengerahkan lebih dari 75 karyawannya untuk mendukung Gerakan Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020.
 
Mereka menempuh jarak lebih dari 375 kilometer dengan lari, jalan kaki maupun bersepeda. Melalui aksi yang mudah, sederhana dan menyehatkan ini, The Body Shop bergerak bersama berbagai elemen masyarakat mendukung organisasi Waste4Change sebagai penggagas aksi amal nasional Bergerak untuk Indonesia Bebas Sampah 2020.
 
Gerakan tersebut terkait dengan petisi diet kantung plastik di www.change.org/dietkantongplastik yang mencatat lebih dari 10.000 orang Indonesia mendesak pemerintah untuk membuat peraturan terkait pengurangan penggunaan kantung plastik. Penelitian yang dimuat di jurnal ilmiah Science menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke-2 penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan dunia.
 
Rahyang Nusantara sebagai penggagas petisi mengatakan, setiap hari Indonesia memproduksi sampah kantung plastik hingga 4.000 ton per hari atau sama dengan berat 16 unit pesawat Boeing 747. Kondisi tersebut berdampak buruk terhadap lingkungan karena sampah plastik sulit terurai secara alami dan biasanya akan berakhir di tanah, saluran air, sungai dan laut.
 
Rika Anggraini, GM Corporate Communications The Body Shop, mengatakan gerakan tersebut merupakan kelanjutan komitmen The Body Shop terhadap isu lingkungan termasuk sampah plastik yang merupakan bagian dari gaya hidup yang bisa diubah. Untuk itu The Body Shop mengajak pelanggan, karyawan dan seluruh masyarakat guna mendukung perubahan menuju kebaikan.
 
“Kami membantu kampanye dan edukasi dengan target utama perempuan, karena perempuan berperan penting di lingkungannya (rumah tangga dan keluarga) dan kantung plastik bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan kesadaran bersama, kami optimis target Indonesia Bebas Sampah pada 2020 bisa tercapai,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Rabu (25/2/2015).
 
The Body Shop melanjutkan komitmennya pada tahun ini dengan serangkaian program terkait isu lingkungan, dimulai dengan kegiatan di Car Free Day Jakarta, mengajak masyarakat dan kustomer mendukung satu juta petisi #Pay4Plastic serta kegiatan Earth Hour pada Maret mendatang.
 
“Melakukan kampanye kolaborasi dan konsistensi menjadi kunci, karena ini merupakan isu bersama masyarakat Indonesia. Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup yang ramah lingkungan, maka kelestarian lingkungan akan tercapai,” ujar Rika.