The Body Shop; Ajak Kembalikan Kemasan Kosong

The Body Shop; Ajak Kembalikan Kemasan Kosong

Surabaya, Kabarindo- Isu tentang plastik semakin menjadi masalah yang mengkhawatirkan hampir di seluruh dunia.
 
Di Indonesia, dengan konsumsi air kemasan 9,2 milyar liter dibutuhkan plastik 750 ribu ton dan tidak semuanya bisa didaur ulang. Sebagian besar akan masuk ke sungai, laut atau menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA). Selain berupa botol, jenis sampah plastik yang menjadi masalah adalah tas plastik dan kemasan (sumber: Greeneration).
 
Karena itu, The Body Shop meluncurkan program Bring Back Our Bottle (BBOB) yang mengajak kastemer untuk mengembalikan kemasan kosong produknya untuk dikumpulkan dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Jumlah pengembalian botol kosong kemasan BBOB ke toko The Body Shop rata-rata mencapai 60.105 botol per bulan atau sekitar 500 botol per toko per bulan.
 
BBOB juga merupakan program edukasi kepada kastemer dan publik untuk bertanggung jawab terhadap kemasan plastik yang telah digunakan sehari-hari dengan tidak menambah timbunan sampah di lingkungan sekitar ataupun TPA.
 
Ratu Ommaya, Public Relations Manager The Body Shop Indonesia, mengatakan  BBOB akan berlangsung selama 20 Maret - 30 Maret 2015 dan dibagi menjadi dua fase. Fase pertama berlangsung pada 20 - 24 Maret, dilanjutkan fase kedua pada 25 – 30 Maret. Untuk menarik minta masyarakat, The Body Shop memberikan promo.
 
Pada fase pertama, kastemer akan mendapat diskon 50% untuk dua produk pilihan dengan menukarkan satu botol atau kemasan kosong produk The Body Shop. Pada fase kedua, diberikan diskon 50% untuk dua produk pilihan dengan menukarkan satu botol atau kemasan kosong produk kecantikan merek apa saja.
 
Diskon 20% untuk pembelanjaan online di www.thebodyshop.co.id juga bisa diperoleh selama program BBOB berlangsung. The Body Shop akan mendonasikan Rp. 1.000 untuk setiap transaksi BBOB ke Indonesia Diet Kantong Plastik.
 
Seluruh botol kosong yang terkumpul di toko dapat dikelola di masing-masing kota atau area wilayah kerja The Body Shop Indonesia. Kebijakan ini diharapkan membantu lebih banyak komunitas, kelompok pemulung dan LSM lokal, sehingga keberadaan toko The Body Shop dapat memberi manfaat langsung kepada masyarakat dan mendorong jaringan mitra bisnis daur ulang plastik setempat.