Terpilih 8 Desain Dari 118 peserta; Jadi Finalis Lomba Desain Batik PAN

Terpilih 8 Desain Dari 118 peserta; Jadi Finalis Lomba Desain Batik PAN

Batik Lounge, Kemang, Jakarta, Kabarindo- Menarik, lomba ini mengikutsertakan para profesional sebagai penggagas dan para dewan juri.

Bertajuk Lomba Desain Batik 2015 untuk seragam kader-kader PAN seluruh Indonesia. Di gagas oleh aktris Ayu Dyah Pasha selaku Ketua Ikatan Pecinta Batik Nusantara bersama dengan Ine Hakim dari Yayasan Batik Indonesia.

Dijelaskan oleh Ketua Dewan Juri Lomba Desain Batik PAN, Musa Widyatmodjo selaku Dewan Pembina Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia-APPMI bahwa tim sudah keliling untuk road show ke sentra Cirebon, Pekalongan, Solo-Sukoharjo khususnya pada pengrajin dengan manual termasuk photoshop mahasiswa yang sudah diterima 118 peserta dengan desain sesuai kualifikasi yang merujuk pada warna dan logo dari PAN dalam tiap karyanya.


"Dipilih 3 terbaik dengan hadiah utama Rp. 17 juta, hadiah kedua, 10 juta dan juara ketiga senilai 7 juta termasuk kategori khusus yakni favorit.Desain mereka mengandung filosofi dan estetika termasuk juga secara industri dengan teknik cap atau tulis termasuk kombinasi dari warna alam atau sintesis merujuk warna PAN," papar Musa.

Lanjut dijelaskan bahwa desain tersebut akan didaftarkan patennya ke HAKI untuk pengrajin jadi lomba ini lebih kepada pengembangan industri batik dengan motif-motif yang ada dengan sistem homeindustry dari rakyat untuk rakyat.

"Tahun ini yang terpilih ada 8 desain dari pengrajin berasal dari daerah Solo-Sukaharjo, Klaten, Pekalongan," tambah Musa.

Acara juga dihadiri oleh Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum DPP PAN sekaligus sebagai Ketua DPR menegaskan bahwa semua finalis dan juara nanti desainnya hanya akan diproduksi secara handmade tidak massive dengan pabrikan karena mengutamakan hasil dari para pengrajin jadi tidak bisa dari pabrikan.

"PAN ingin melestarikan batik dengan merujuk pada homeindustry jadi para pengrajin dari sentra batik harus makin diperkuat atau diberdayakan sehingga bisnis mereka terus bertahan dan makin maju sehingga lomba ini diharapkan tiap tahunnya mendekatkan kecintaan kader PAN terhadap batik sebagai upaya pelestarian warisan budaya adi luhung bangsa," jelas Zulkifli Hasan mantap.

Sementara itu ditambahkan oleh Ayu Dyah Pasha bahwa model yang terpilih nantinya tidak hanya untuk kemeja atau blus wanita tapi juga termasuk ke hijab atau jilbab termasuk produk kreatif lainnya seperti tas, kipas serta pernak-pernik lainnya dari desain yang sudah ada.


Menurut Anda...........?