Terminal Internasional Kalbar; Punya Penerangan Tenaga Surya

Terminal Internasional Kalbar; Punya Penerangan Tenaga Surya

Pontianak, Kabarindo- Dana pengadaan penerangan menggunakan energi tenaga surya di terminal berasal dari pemerintah pusat.

Hal itu disebutkan oleh Kepala Dishubkominfo Provinsi Kalbar DL Denny di Pontianak, Minggu (20/5) bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Pihaknya memang setiap tahun mengajukan pangadaan fasilitas penerangan menggunakan energi tenaga surya kepada pemerintah pusat.

"Tahun lalu kami juga sudah mengajukan pengadaan fasilitas penerangan menggunakan energi tenaga surya untuk dipasang di sepanjang Jalan Trans-Kalimantan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dishubkominfo Provinsi Kalbar menargetkan, terminal di Sungai Ambawang mulai dioperasikan penuh di tahun ini.

Terminal yang dibangun sejak 2002 itu dilakukan secara multiyears dengan dana sharing dari pusat dan daerah. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp70 miliar.

Terminal di Sungai Ambawang tersebut, selain melayani bus antarnegara, Pontianak-Kuching, juga melayani bus jurusan Sintang, Sanggau, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi, dan Ketapang.