Terminal Di Jakarta; Siap Dibangun Kembali

Terminal Di Jakarta; Siap Dibangun Kembali

Jakarta, Kabarindo- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan semua terminal angkutan umum yang ada di Ibu Kota akan dibangun kembali.

"Dibangun total, sudah bukan direhab lagi. Semua terminal," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin.

DKI Jakarta memiliki sekitar 18 terminal angkutan umum.

Jokowi mengatakan, pembangunan 15 terminal angkutan umum seperti Manggarai, Kota Tua, Kalideres, Pulogadung, Kampung Rambutan, Klender, Pasar Minggu dan Senen akan dilakukan menggunakan dana pemerintah daerah.

Sementara pembangunan tiga terminal yang lain akan dilakukan oleh pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan terminal.

Pembangunan kembali terminal-terminal angkutan umum itu, menurut Jokowi, dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna terminal.

"Sehingga image terminal itu berubah," katanya tentang gambaran kebanyakan terminal angkutan umum yang selama ini kotor dan kumuh.

Ia menambahkan, jalur masuk dan keluar penumpang di terminal selanjutnya akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak menggangu lalu lintas kendaraan.

"Yang nyebrang aman, yang bus lancar," katanya.

"Saya pesan, yang masuk terminal itu seperti bukan masuk terminal, tapi seperti masuk hotel," tambah dia.

Jokowi menginginkan terminal memiliki lansekap yang khas, ciri tertentu pada bentuk dan warna bangunan.

"Jadi orang bisa tahu kalau yang ini terminal, kalau ini sekolah, kalau ini pasar. Dimanapun lokasinya," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengusulkan penyediaan anggaran hingga Rp1,7 triliun pada tahun anggaran 2014 untuk membangun kembali terminal-terminal angkutan umum di Ibu Kota.