Telkom Terus Perbanyak Wifi Corner; Akomodasi Kebutuhan Masyarakat

Telkom Terus Perbanyak Wifi Corner; Akomodasi Kebutuhan Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- PT Telkom Indonesia terus memperbanyak wifi corner untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap layanan data yang semakin meningkat.

Langkah tersebut juga dilakukan di Jatim. Executive General Manager Telkom Divisi Regional V Jatim, Iskriono Windiarjanto, menyebutkan Telkom sudah mendirikan wifi corner di 1.023 titik di Indonesia. Ini melebihi target yang ditetapkan sebesar 1.000 titik. Di Jatim, saat ini ada 225 titik wifi corner, 35 diantaranya di Surabaya. Angka ini diharapkan bertambah menjadi 500 titik pada akhir tahun nanti.

“Kami akan terus membangun wifi corner sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Iskri dalam peresmian Wifi Corner di Telkom Ketintang, Surabaya, akhir pekan kemarin.
 
Dibangunnya wifi corner juga salah satu bagian dari strategi transisi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui penetrasi broadband access. Jika terjadi kenaikan penetrasi broadband sebesar 10%, berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,38%.
 
Iskri mengatakan, kebutuhan masyarakat terhadap layanan data terus meningkat. Begitu pula keinginan mereka untuk mengakses data dengan kecepatan sangat tinggi dan biaya murah di tempat yang nyaman. Hal ini terpenuhi di wifi corner yang menyediakan sambungan internet berkecepatan 100 Mbps dengan hanya membayar Rp. 5.000 selama 24 jam.
 
“Di wifi corner, masyarakat bisa menggunakan layanan data secara optimal sambil ngobrol santai makan dan minum,” ujar Iskri.
 
Ia menyebutkan, pengunjung wifi corner di Jatim terus meniingkat. Selama Agustus saja tercatat 50 ribu pengunjung. Angka ini akan terus bertambah seiring bertambahnya wifi corner di Jatim. Telkom akan menambah wifi corner di area publik seperti di kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan dan tempat wisata kuliner.

“Kami yakin bisa memenuhi kebutuhan tersebut karena sudah memiliki infrastruktur fiber optik hampir di seluruh kota,” ujar Iskri.

Sebelumnya dengan program Indonesia WiFi, di Jatim terdapat lebih dari 12 ribu titik
Wifi.id di sekitar 500 lokasi yang dimanfaatkan lebih dari 100 ribu pengguna. Di titik-titik ini, kecepatan yang ditawarkan Telkom sampai dengan 10 Mbps.

Karena itu Telkom gencar membuka wifi corner yang memberikan kecepatan akses hingga 100 Mbps untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap akses data dengan kecepatan sangat tinggi. Misalnya mengunduh film, lagu dan mengunggah foto-foto.

Wifi corner juga bisa mendorong semakin banyak masyarakat untuk melek internet. Saat ini tingkat penerimaan TI di masyarakat belum sepenuhnya tinggi. Ini terlihat dari penetrasi internet yang belum mencapai 30%, padahal sampai akhir 2014, harusnya separo penduduk Indonesia sudah melek internet.

“Hal seperti ini memang memerlukan sinergi untuk pendampingan pelatihan. Kami sudah menyiapkan Broadband Learning Center di beberapa kota untuk dioptimalkan penggunaannya,” ujar Iskri.