Telkom; Dukung Pengembangan Desa Wisata

Telkom; Dukung Pengembangan Desa Wisata

Jakarta, Kabarindo- Indonesia sangat kaya akan tempat-tempat wisata yang unik dan menarik.

Selain destinasi yang sudah dikenal, masih banyak lagi potensi tempat wisata yang harus dipromosikan, yang akan menambah pengalaman baru bagi wisatawan lokal maupun asing. Namun selama ini, lokasi yang jauh dan tersembunyi serta keterbatasan informasi, menyebabkan tempat-tempat wisata tersebut tidak dikenal, sehingga daya tariknya belum diketahui oleh wisatawan.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) sendiri telah menargetkan pengembangan 2.000 desa sebagai desa wisata melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Target tersebut diharapkan terealisasi pada tahun 2014 mendatang. Disebutkan, sampai dengan akhir 2013, sudah terdapat sekitar 1.400 desa wisata di seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan itu, PT Telkom sebagai BUMN yang bergerak pada sektor ICT, berupaya turut berkontribusi untuk memajukan parawisata Indonesia. Caranya yaitu dengan mengembangkan Marketplace Desa Wisata, yang dapat diakses secara online dari seluruh dunia.

Sebagaimana disampaikan melalui rilisnya hari ini, Telkom menggandeng Via.com sebagai mitra yang sudah berkecimpung di industri travel lebih kurang 13 tahun dan saat ini merupakan agen wisata terbesar di Asia. Ini ditambah pula dengan jaringan kemitraan bersama 20.000 agen wisata yang tersebar di India, Filipina, Indonesia, Brasil, Afrika Selatan, Singapura, dan Korea Selatan.

"Marketplace Pariwisata ini adalah merupakan satu-satunya marketplace di mana masyarakat dapat menemukan paket wisata yang unik dan menarik sesuai keinginannya, baik akomodasinya maupun transportasinya. Marketplace ini diharapkan siap beroperasi di triwulan pertama 2014," ujar Deputy EGM Telkom Divisi Solution Convergence, Agus F Abdillah, dalam rilisnya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Disebutkan pula, pihak Telkom memiliki keyakinan bahwa masyarakat desa wisata akan tumbuh dan menemukan potensinya di pasar regional dan global. Hal itu pun pada akhirnya diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah sekitarnya.