Teknologi AMD FreeSync; Beri Kenyamanan Pemain Games

Teknologi AMD FreeSync; Beri Kenyamanan Pemain Games

Surabaya, Kabarindo- Kini pecinta games bisa bermain games dengan lancar.

Tidak ada lagi gambar yang patah-patah, gambar yang terpotong-potong dan tidak ada tambahan biaya. Ini merupakan keinginan para pemain games yang terwujud dengan telah dirilisnya driver AMD Catalyst, driver pertama berteknologi FreeSync.

Rilis dari AMD menerangkan, teknologi FreeSync mengubah game, memperbaiki gambar tersendat patah-patah dan terpotong sehingga kita bisa lancar bermain game di hampir setiap frame rate.

FreeSync artinya teknologi ini bebas diadopsi para perakit monitor tanpa biaya karena mereka umumnya telah memiliki komponen-komponen yang relevan, tinggal membutuhkan software yang tepat untuk memunculkan kemampuan yang terpendam. Dengan bantuan VESA, spesifikasi DisplayPort Adaptive-Sync dapat mewujudkan semua itu.

DisplayPort Adaptive-Sync tidak memiliki material khusus atau biaya perizinan dan teknologi FreeSync membangun standard industri untuk memberikan manfaat di semua games. Juga tidak perlu hardware yang dipatenkan maupun penambahan biaya hardware.

Dalam waktu dekat akan segera dipasarkan monitor-monitor berteknologi FreeSync. Misalnya Acer atau BenQ model 1440p yang memiliki frekuensi luas (40-144 Hz). Ada pula panel IPS atau monitor LG dengan pilihan ukuran layar 29 inci atau 34 inci yang memiliki aspek rasio luas. Pada 2015 ini, lebih dari 20 monitor telah mendukung teknologi FreeSync.

Beberapa monitor bahkan lebih murah ratusan dolar dibandingkan teknologi monitor milik kompetitor. Seperti monitor LG yang lebih terjangkau dengan teknologi FreeSync dibandingkan model tahun lalu yang tidak menerapkan teknologi ini.

Dengan teknologi FreeSync, Anda berkesempatan untuk mematikan Vsync jika framerate dari aplikasi meninggalkan dynamic refresh yang diberikan oleh monitor.

Bila anda memiliki monitor 144Hz BenQ atau Acer, tetapi anda pemain Counter-Strike: Global Offensive yang ingin berlari pada 240 FPS (framerates), maka bisa dilakukan. Anda mendapatkan kelancaran, bebas gambar patah dari 40-144 Hz dengan monitor-monitor tersebut, tetapi tak perlu mengorbankan latensi pada input saat framerate mencapai lebih dari  145.

Secara teoritis, garis merah menandakan framerates dan latensi pada input dari aplikasi Vsync sebesar 60 Hz, sedangkan garis biru menunjukkan framerates tertinggi dan latensi mouse sebuah game dengan Vsync. Anda akan mencoba memperbaikinya dengan game favorit Anda. AMD FreeSync memberikan pilihan.