Tanoto Student Research Award; Dukung 12 Tim Peneliti Muda

Tanoto Student Research Award; Dukung 12 Tim Peneliti Muda

Jakarta, Kabarindo- Tanoto Foundation melalui Tanoto Student Research Award (TSRA) kembali mendukung 12 tim peneliti muda dari empat universitas di Indonesia, yaitu Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Hassanudin.

Pekan ini, para tim peneliti ini akan mempertunjukkan hasil penelitian mereka dalam berbagai bidang seperti pertanian, teknologi, dan lingkungan hidup di Annex Building, Jakarta.

Menurut Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti (Pusbindiklat Peneliti) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2013, Indonesia masih membutuhkan 200.000 peneliti di berbagai bidang untuk bisa mengejar ketertinggalan kemajuan teknologi dari negara lain. Tanoto Foundation melalui TSRA ingin menjadi bagian dari solusi permasalahan ini. TSRA adalah suatu inisiatif Tanoto Foundation untuk berkontribusi dalam menumbuhkan semangat mahasiswa melakukan penelitian dan mempraktekan pengetahuan teknik penelitian mereka sedini mungkin.

“Sebagai bagian dari komitmen Tanoto Foundation terhadap pendidikan di Indonesia, kami ingin secara konsisten memupuk bakat-bakat muda Indonesia agar menjadi semakin berkualitas dalam melakukan inovasi di bidangnya masing-masing, Tanoto Foundation percaya bahwa untuk menjadi negara yang memiliki daya saing tinggi, harus banyak inovasi yang dilakukan oleh Indonesia dan adanya budaya penelitian dan riset sejak dini yang kental akan mendukung hal tersebut”, ujar Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto Foundation.

Selain itu, Tanoto Foundation juga mendukung upaya program Hilirisasi Industri seperti misalnya penelitian terkait industri pengolahan CPO untuk meningkatkan efisiensi pengolahan biodiesel sehingga biodesel bisa menjadi lebih kompetitif dibandingkan minyak bumi. Atau penelitian yang berdampak positif kepada lingkungan seperti penelitian dalam Teknologi Double-Panel untuk distilasi air laut yang digunakan dalam mengatasi kekurangan air bersih di daerah pesisir”. lanjut Sihol Aritonang.

Tanoto Foundation telah bermitra dengan ke empat universitas di atas dan memberikan dukungan hibah tahunan sebesar Rp.100.000.000,- untuk setiap mitra universitas. Untuk tahun 2014, Tanoto Foundation memfasilitasi 106 mahasiswa S1 dalam melakukan penelitian.

Adapun panelis/juri pemilihan terdiri dari para dosen pembimbing atau mentor peneliti dari masing-masing universitas, perwakilan Tanoto Foundation, dan Peneliti Senior dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT, Dr. Moeljono Wijaya.