Taman Baca Mahanani 2015; Gelar Acara Bertajuk Kediri Lautan Buku

Taman Baca Mahanani 2015; Gelar Acara Bertajuk Kediri Lautan Buku

Kediri, Kabarindo- Taman Baca Mahanani Kediri, Jawa Timur, mengajak masyarakat menyukai buku dan meningkatkan budaya baca dengan mengadakan kegiatan membaca bersama yang dikemas dalam acara bertajuk "Kediri Lautan Buku".

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk suka membaca lewat kegiatan membaca buku bersama ini," kata pemilik taman baca "Mahanani" Naim Ali di Kediri, Minggu.

Ia mengatakan, acara ini sengaja melibatkan para pelajar di Kota Kediri dan digelar di tempat terbuka. Dengan acara ini, juga ingin mengingatkan tentang hari buku nasional, yang jatuh pada 17 Mei.

Naim mengatakan, animo masyarakat ataupun pelajar di Kota Kediri untuk membaca buku sebenarnya bagus, yang terbukti dari mereka mendatangi perpustakaan ataupun taman baca di Kota Kediri.

Namun, lanjut dia, yang terkadang menjadi kendala adalah ketersediaan buku. Jumlah buku yang ada masih belum memadahi, sehingga masyarakat ataupun pelajar yang ingin membaca buku tertentu, kadang masih sulit mendapatkannnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan selain kendala buku, hal yang menjadi kendala utama untuk membaca buku adalah rasa malas. Untuk itu, ia terus mengajak masyarakat ataupun pelajar untuk menanggulangi rasa malas.

"Rasa malas harus ditanggulangi. Budaya membaca itu harus diciptakan," ujarnya.

Kegiatan membaca buku bersama ini diselenggarakan di depan Balai Kota Kediri, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kediri, yang diikuti pelajar mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi. Acara tersebut juga dibuka oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Wali Kota berharap, masyarakat terutama pelajar rajin membaca buku.

"Bacalah buku untuk menambah wawasan, karena begitu pentingnya wawasan bagi generasi penerus," kata Wali Kota.

Sejumlah pengunjung mengatakan kegiatan ini cukup positif, dan diharapkan bisa dilakukan rutin setiap tahun. Dengan acara ini, ia dengan rekan-rekannya menjadi lebih banyak mengetahui buku bacaan, karena bisa saling tukar buku dengan teman-temannya.

"Kami harapkan ini jadi kegiatan rutin. Kami rasa acara seperti ini sangat menyenangkan," ujar Alfin Faesal, salah seorang pengunjung seperti dilansir dari laman antaranews.