Tahun 2013; Jadi Tahun Liburan Keluarga Indonesia

Tahun 2013; Jadi Tahun Liburan Keluarga Indonesia

Jakarta, Kabarindo–  Bagi orang Indonesia, kegiatan liburan di tahun 2013 adalah soal menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Sebanyak satu diantara tiga orang Indonesia (27%) bepergian dengan orang-orang yang mereka sayangi  pada tahun lalu.

Hal itu dipapar oleh situs pencarian perjalanan global terkemuka , Skyscanner. Angka ini merupakan hasil jajak pendapat yang dilakukan awal 2013  dengan menanyakan pada 1.000 peserta  mengenai liburan impian yang mereka wujudkan. Hasil survei mengungkapkan bahwa  menghabiskan waktu bersama keluarga adalah prioritas nomor 1 dalam liburan yang membuat orang Indonesia mau menyisihkan waktu untuk itu.  Mereka yang pergi berlibur dengan keluarga melebihi 22% dari mereka yang semula mengatakan bahwa membawa keluarga berlibur adalah tujuan liburan mereka.

Sementara itu mengunjungi negara baru atau kota yang baru adalah keinginan berlibur orang Indonesia pada tahun 2013. Namun demikian, hanya satu dari empat orang yang benar-benar melakukannya, dibandingkan dengan 70% responden yang mengidentifikasinya sebagai prioritas. Mungkin tidak terlalu mengejutkan bahwa wanita cenderung memilih liburan bersama keluarga (31%) dibandingkan pria (24%), sementara pria (27%) lebih cenderung melakukan perjalanan ke negara atau kota baru dibandingkan wanita (23%).

Pilihan makanan juga menjadi pertimbangan orang Indonesia untuk mengunjungi tempat yang menyediakan makanan yang mereka kenal. Sebanyak 47% responden mengatakan bahwa mencoba makanan setempat yang baru bagi mereka merupakan prioritas nomor satu yang mendorong mereka berlibur, sementara hanya 21 % dari mereka benar-benar mencoba makanan setempat yang baru dan berbeda di tahun 2013.

Hampir seperempat orang Indonesia menilai diri mereka sebagai orang yang ingin mencoba kegiatan penuh petualangan seperti bungee-jumping atau menambah kekayaan bahasa asing maupun belajar keterampilan setempat ketika mereka berlibur. Nyatanya hanya satu dari 10 orang Indonesia yang benar-benar melakukannya. Ternyata wanita Indonesia lebih suka berpetualang (9%) dibandingkan laki-laki (7%).

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia Tika Larasati mengatakan, “Tidak diragukan lagi bahwa liburan bagi orang Indonesia adalah saat untuk bersama keluarga namun tak lepas dari keinginan mencoba hal-hal baru yang berbau lokal seperti pengalaman kuliner baru. Semakin sedikit perjalanan internasional yang dilakukan menunjukkan pelancong mungkin ingin memanfaatkan keuntungan sumber daya yang dimiliki untuk persiapan dan riset bagi liburan mereka. hal yang menarik adalah mengetahui betapa wanita Indonesia lebih memilih liburan bersama keluarga dan di dalam negeri tetapi walau demikian mereka tetap memilki hasrat berpetualang yang sedikit lebih besar dari para pria. Berjiwa Kartini sekali wanita Indonesia.” 

Salah satu alasan banyak orang Indonesia tidak memilih pergi ke luar negeri adalah banyaknya tujuan wisata yang ditawarkan di dalam negeri. Wisata domestik di Indonesia telah tumbuh secara signifikan. Pada kuartal pertama tahun 2013 data BPS memperlihatkan bahwa orang Indonesia melakukan 55,7 juta  perjalanan dibandingkan dengan 53,86 juta perjalanan tahun lalu*. Mereka yang paling banyak melakukan perjalanan domestik berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara dan Bali, dengan urutan tersebut.

“Walaupun tujuan liburan hanya berada dekat dengan rumah tidak berarti luput dari petualangan,” kata Tika. “Dan hanya dengan keluar sedikit dari kota tempat tinggal, kita sudah bisa memperoleh kesempatan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang tak kalah seru dari pengalaman di negeri orang.”