TNI-Warga Bersinergi; Bangun 22 Km Jalan Purwakarta-Cianjur

TNI-Warga Bersinergi; Bangun 22 Km Jalan Purwakarta-Cianjur

Purwakarta, Kabarindo- TNI dan warga di Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat bahu-membahu membangun jalan yang menghubungkan antara kecamatan itu dengan Kabupaten Cianjur yang jaraknya sekitar 22,150 kilometer.

Komandan Kodim 0619/Purwakarta, Letnan Kolonel Czi Cahyadi Amperawan, di Purwakarta, Rabu, mengatakan bahwa pembangunan jalan sepanjang 22,150 Km tersebut masuk dalam program Karya Bakti pembuatan jalan skala besar TNI Angkatan Darat.

"Ini sebenarnya bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat, makanya kami bersama Pemda memikirkan pembuatan jalan yang mana warga dulu bilang yang bisa membangun jalan adalah Dewa dan Dewa itu kami," kata Letkol Cahyadi.

Pelaksanaan karya bakti skala besar ini dimulai pada Minggu lll Maret hingga Minggu ke ll November 2015. Dana yang disediakan mencapai Rp25 miliar.

"Dana itu digunakan untuk beli material, sewa alat berat seperti buldoser, alat pengeruk tanah hingga untuk survei dan monitoring. Diharapkan 2016 sudah bisa dibeton semua. Sampai saat ini pembangunan jalan telah selesai 61 persen," katanya.

Pembangunan jalan tersebut diharapkan bisa membantu aktivitas warga jika ingin bepergian ke wilayah Cianjur, Karawang, hingga Jonggol, Bogor tanpa lagi menggunakan kapal mesin dan terombang ambing di tengah Bendungan Jatiluhur.

Keberadaan pembangunan jalan itu membuat 16.000 warga di lima desa yakni Desa Kertamanah, Ciririp, Sukasari, Parung Banteng dan desa Sukamukti yang berada di Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga.

"Alhamdulillah warga sangat bersyukur, warga juga bareng-bareng membangun jalan, semoga ini bisa menjadi lebih mudah," kata Camat Sukasari H Fauzi seperti dilansir dari laman antaranews.