TNI Republik Indonesia; Gelar Gladi Bersih

TNI Republik Indonesia; Gelar Gladi Bersih

Cilegon, Merak, Banten, Kabarindo- Perjuangan menjaga Kedaulatan Negara Republik Indonesia, merupakan tugas pokok Tentara Nasional Indonesia dalam mewujudkan keutuhan NKRI serta meningkatkan sikap patriotik TNI yang berkualitas, profesional dan selalu siap melaksanakan tugas yang diberikan oleh negara.

Dengan sikap yang patriotik dan profesional, TNI sebagai prajurit manunggal yang selalu mengedepankan nilai-nilai kedisiplinan dan kebersamaan, bertekad selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui semangat juang yang tinggi dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, hari ini 03 September 2015, seluruh kesatuan TNI Republik Indonesia, melakukan persiapan akhir atau gladi bersih dalam rangka pelaksanaan Upacara HUT TNI yang ke-70  yang siap digelar lusa, tepatnya hari jadi TNI 05 Oktober, dimana acara tersebut akan dilaksanakan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jawa Barat.

Perihal persiapan akhir (gladi bersih) ini, Pusat Penerangan TNI, mengumumkan beberapa keperluan dan persiapan apa saja yang akan turut serta hadir dan peralatan atau alutsista apa saja yang akan dikerahkan dalam upacara HUT TNI nantinya.

Berikut pasukan yang terlibat dalam Parade dan Defile adalah Batalyon Gabungan Pamen TNI yang berjumlah 269 personel, serta Brigade Upacara I Gabungan TNI yang berjumlah 809 personel, terdiri dari Kopassus dan Dua Batalyon Kostrad.

Dan Brigade Upacara III TNI AD, berjumlah 809 personel, terdiri dari 300/R, Batalyon 312/KH dan Batalyon 201/JY . Dan terlibat pula Brigade Upacara IV TNI AL yang berjumlah 809, terdiri dari Batalyon Bintara, Batalyon Tamtama Pelaut dan Marinir, serta Brigade Upacara V TNI AU, yang berjumlah 809 personel, terdiri dari Air Cru, Bintara/Tamtama AU dan Paskhas.

Berikutnya ada Batalyon Upacara Gabungan PNS 269 personel terdiri dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

Beberapa jajaran prajurit, diantaranya Drum Band Gabungan Taruna/Taruni Akademi TNI yang berjumlah 333 personel dan Korsik Gabungan TNI, berjumlah 284 personel serta Panji-Panji Gabungan TNI yang berjumlah 40 personel.

Disamping pasukan parade, TNI juga telah siap mengerahkan Alutsista yang akan dihadirkan di tengah-tengah pelaksanaan upacara, sebagai back ground acara, diantaranya dari TNI AD, 6 Tank Scorpion, 4 Tank Marder, 4 Panser Tarantula dan 1 Radar Giraffe. Dan dari TNI AL mengerahkan 4 Tank BMP 3 F, 3 Tank LTV 7, 3 Roket RM 70 Grad dan 2 Howitzer LG 1 MK 2. Dan TNI AU siap mengerahkan 2 Ransus Smart Hunter, 2 Truk Mercy Target, Drone dan Rudal QW3.

Adapun acara persiapan akhir (gradi bersih), telah dilaksanakannya peragaan/demo serta atraksi dari kesatuan prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU  yang siap mengikuti dan menampilkan keterampilan prajurit dalam teknik dan kekuatan tempur.

Adapun agenda pelaksanaan upacara HUT TNI ke-70 yang jatuh pada tanggal 05 Oktober, akan dimulai pukul 09.00 WIB, dan  diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan R.I, dan akan hadir para pemimpin serta delegasi dari setiap negara dan tamu undangan, diprediksikan sekitar 6.000 para undangan yang akan ikut hadir dalam perayaan Dirgahayu TNI ke-70 tahun 2015 ini.

Hidup TNI, TNI kuat bersama Rakyat dan bersama Rakyat TNI semakin Profesional.


Bravo...