TNI Ke-68; Siap Punya Special Force..........!

TNI Ke-68; Siap Punya Special Force..........!

Skuadron 2 Halim, Jakarta Timur, Kabarindo- Pasca gladi resik sambut upacara HUT TNI ke-68.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko bersama dengan Kasad Jenderal TNI Budiman, Kasal Laksamana TNI Marsetio dan Kasau Marsekal TNI I.B. Putu Dunia bersedia menjawab pertanyaan para wartawan ibukota.

Dijelaskan beberapa atraksi yang akan memarakkan puncak acara HUT TNI ke-68 tahun 2013 yaitu; Fly pass 2 pesawat cesna TNI AU, demo darat (keterampilan prajurit), senam balok, simulasi halang rintang, senam LCR/perahu karet didukung oleh 600 orang, Kolone Senapan oleh 900 orang, demo pertempuran jarak dekat didukung oleh 18 orang, penerjunan free fall 100 orang didukung 2 pesawat hercules C-130, Aerobotik JAT 6 pesawat KT1-B, Fly Pass pesawat Cassa CN-212 TNI AL dan 8 pesawat Hely TNI AD

Moeldoko menjelaskan bahwa Tema sentral di HUT TNI ke-68 adalah "Profesional, Militan Solid dan Bersama Rakyat TNI Kuat". Itu artinya TNI harus Profesional, Militan serta Solid sehingga Kuat bersama rakyat dengan doktrin pertahanan rakyat semesta untuk terus mempertahankan NKRI.

"TNI diusia 68 siap mengatasi tantangan faktual antara lain pengamanan Selat Malaka, penanganan terorisme dan separatisme, pelanggaran wilayah perbatasan hingga penanganan bencana alam. TNI juga akan siap mengatasi tantangan yang bersifat potensial seperti pemanasan global, pencemaran lingkungan, penyakit pandemik, cyber crime hingga potensi agresi militer asing.  TNI siap punya special force laiknya negara lain dengan Delta Forcenya dari 3 angkatan jadi tentara pilihan mereka bersatu dalam satuan elit untuk tugas-tugas khusus," papar pria berwibawa dengan sesungging senyum ini.

Sementara itu saat mengkonfirmasi beberapa pertanyaan para media termasuk tentang netralitas TNI yang selalu dipertanyakan. Moeldoko memastikan bahwa hal itu sudah mutlak sesuai janji prajurit dan sapta marga dimana netralitas tidak hanya dari sikap dan tindakan tapi juga adalah niat untuk tetap netral sambut 2014.

"Melarang prajurit apalagi komandannya apabila berpihak termasuk sarana dan prasarana untuk kepentingan partai politik, itu tidak boleh apalagi pinjam truk, TNI siap dukung presiden sipil dan itu terbukti dari era Gus Dur, ibu Megawati dan BJ Habibie sebelumnya" jelas Moeldoko jelas.

Anda juga harus tahu bahwa TNI itu sudah melakukan MOU dengan kementerian seperti Kemenpera untuk perumahan prajurit dengan rehabilitasi rumah prajurit layak huni termasuk pendidikan dengan mengerahkan babinsa menjadi guru di daerah perbatasan.

Kasal ikut menjelaskan perihal perbatasan sangat krusial dengan 10 daerah perbatasan laut dan TNI sudah melakukan operasi sesuai dengan persepsi hukum masing-masing negara. seperti dengan negara Malaysia, Singapura, Philipina, Australia itu termasuk mengantisipasi imigran. Masalah illegal imigran, Indonesia dan Australia sudah ada kerjasama dan ada beberapa pertemuan pada level tertentu untuk wilayah Barat

Beberapa pertanyaan juga dijawab oleh Kasad yang menjelaskan pengamanan perbatasan di wilayah Kalimantan, Papua dan Timor Timur dengan koordinasi dengan negara tetangga yang berbatasan jadi ada patroli bersama. Kini AD bekerjasama dengan universitas untuk riset dengan menggunakan teknologi dengan paralatan canggih yang diciptakan oleh anak negeri termasuk dukungan TNI untuk program KB dari sisi demografi.


Selamat Ulang Tahun TNIku...............................!