TNI Gelar Turnamen Kejuaraan Sepak Bola; Piala Jenderal Sudirman 2015

TNI Gelar Turnamen Kejuaraan Sepak Bola; Piala Jenderal Sudirman 2015

Cilangkap, Jakarta, Kabarindo- Masih dalam rangka merayakan HUT TNI yang ke-70 dan dalam rangka meneruskan kembali semangat persepakbolaan di Indonesia, yang mana sempat tidak terdengar gaungnya.

Penghujung Oktober sambut Hari Sumpah Pemuda, Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara menggelar Konferensi Pers terkait pelaksanaan turnamen kejuaran sepak bola dengan nama Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup.

Acara tersebut dimulai pukul 16.00 WIB dan diselenggarakan di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Dengan dilatarbelakangi sikap nasionalis yang tinggi, TNI sebagai prajurit yang mandiri, profesional dan teguh menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersama rakyat TNI kuat,  TNI berinisiatif meneruskan dan mendukung segala program-program pemerintahan, termasuk mewujudkan olah raga sepak bola nasional yang maju, sportif dan profesional.

Pada kesempatannya Panglima TNI menjelaskan, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, sepak bola harus terus berjalan dan mencerminkan sebuah transparansi serta tata kelola yang lebih baik lagi dalam penyelenggaraannya. 

Untuk itu turnamen kejuaran Piala Sudirman  ini, siap menjalankan amanat tersebut, jelas Gatot Nurmantyo.

Kegiatan turnamen sepak bola ini, selain mengimplementasikan dari pernyataan presiden tersebut, diharapkan terus mampu menumbuh kembangkan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap sepak bola tanah air, sehingga kompetisi olah raga sepak bola ini terus berlangsung dan disaat yang sama, sepak bola yang juga sebagai simbol pemersatu, mampu mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama dan nasib bangsa kita, ujar Panglima TNI.

Setelah Presiden R.I  Joko Widodo, sukses menggelar turnamen sepak bola kejuaraan Piala Presiden, Presiden mengatakan kepada publik, bahwa pada pertengahan bulan November 2015 akan digelar kembali sebuah turnamen kejuaran sepak bola, yang akan menghibur seluruh pecinta sepak bola di Indonesia dan masyarakat luas.
Oleh karena itu, Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan inisiatif dan melalui gagasannya segera menggelar ajang turnamen sepak bola tersebut.

Dengan diikuti oleh 14 klub Indonesia Super League (ISL) dan 1 klub PS TNI ini, diharapkan turnamen ini dapat menggelorakan kembali kehidupan sepak bola tanah air nasional kita, tutur Gatot Nurmantyo.
Perhelatan nasional ini, akan dimulai tanggal 10 November 2015, yang mana tanggal tersebut bertepatan dengan hari nasional yang kita peringati setiap tahunnya yakni Hari Pahlawan.

Adapun acara pembukaan turnamen Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup berlokasi di Surabaya, tepatnya di Kodam V Brawijaya, dan pada acara kejuaran tersebut, akan dimeriahkan dengan penampilan hiburan rakyat, pagelaran musik dan penampilan bintang-bintang sepak bola yang ikut berpartisipasi di turnamen tersebut.
Untuk babak awal turnamen Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup akan dilaksanakan di 3 kota tuan rumah yakni kota Bali, Malang dan Surabaya dimana masing-masing group akan dihuni oleh 5 klub peserta dengan format pertandingan setengah kompetisi.

Pertandingan pembuka sendiri rencananya akan digelar pada hari Sabtu, 14 November 2015 di Kota Malang.
"Pemilihan Kota Bali dan Malang sebagai tuan rumah dikarenakan  pencapaian mereka sebagai tuan rumah saat Piala Presiden yang lalu, dinilai begitu baik. Sedangkan Kota Surabaya dipilih tuan rumah, karena Surabaya merupakan Kota Pahlawan, dan ini sangat mencerminkan semangat perjuangan TNI dalam membela NKRI, " ujar Hasani Abdulgani, selaku Ketua Pelaksana turnamen ini, yang turut hadir memberikan penjelasan dihadapan para awak media.

Adapun Total Hadiah Indonesian Championship Jenderal Sudirma Cup adalah untuk Juara , sebesar 2,5 Milyar rupiah dan Peringkat 2, sebesar 1,5 Milyar rupiah serta Peringkat 3 dan ke 4, sebesar masing-masing 500 juta  rupiah, jelas Hasani, pada akhir pernyataan persnya bersama Panglima TNI dan Kepala Staf TNI dari AD, AU dan AL. Dan Hadir pula dalam acara konferensi pers tersebut,  diantaranya Letjen. Agus Sutomo, selaku Ketua Panitia OC dan Irjen Pol.Unggung Cahyono, selaku Wakil Ketua OC.
Dan siaran turnamen kejuaraan Piala Sudirman ini, akan disiarkan oleh NET.TV sebagai Official Host Broadcaster Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup 2015.


Ayo maju Sepak Bola Nasional, Bersama Kita Bisa.