TNI Gandeng PT. Mitra Lintas Putraindo; Jalin Kerjasama Strategis

TNI Gandeng PT. Mitra Lintas Putraindo; Jalin Kerjasama Strategis

Jakarta, Kabarindo- Panglima TNI yang diwakili Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan atas nama TNI serta disaksikan oleh Kababinkum TNI, Kapuskes TNI, Wakapuspen TNI dan staf Indonesia Grand Prix (IGP) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan PT. Mitra Lintas Putraindo yang diwakili oleh Chairman Konsorsiumnya Bapak Dirgo D. Purbo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (25/08/2014).

Dalam sambutan Panglima TNI, yang dibacakan oleh Waaster Panglima TNI, mengatakan bahwa nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama tersebut merupakan komitmen dan wujud keinginan bersama dalam program mengembangkan dunia olahraga bersepeda di Indonesia dan dalam rangka meningkatkan kualitas pembalap Indonesia untuk meraih kualifikasi pada kejuaraan dunia dan olimpiade, serta menjadikan olahraga sepeda sebagai sport industry di Indonesia.  

Menurut Panglima TNI, olahraga balap sepeda merupakan salah satu olahraga yang telah mengalami kemajuan yang pesat secara langsung berpengaruh terhadap meningkatnya semangat dalam membina atlit Indonesia untuk menyamakan kedudukan dengan atlit dari negara lain dengan cara meningkatkan kualitas pembalap sepeda dengan adanya event-event yang diselenggarakan di Indonesia.         Kaitannya dengan ini Konsorsium PT. Mitra Lintas Putraindo akan menyelenggarakan Indonesia Grand Prix (IGP) 2014 yang merupakan kesempatan baik untuk membangun perkembangan balap sepeda di Indonesia yang dapat mencakup keseluruh provinsi di Indonesia dan dapat mengenalkan Indonesia pada dunia internasional melalui duta sepeda.

Sesuai tugas pokok TNI khususnya tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), TNI memiliki gelar satuan kewilayahan yang relatif telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia sehingga kemampuan ini dapat didayagunakan untuk mendukung program event-event balap sepeda di Indonesia sebagai bentuk pengabdian TNI dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kemanunggalan TNI-Rakyat untuk mewujudkan ketahanan yang dinamis di wilayah, dengan meningkatkan ketahanan masyarakat di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam rangka kesiapan pertahanan negara. Hal inilah yang mendasari atas munculnya ide gagasan PT. Mitra Lintas Putraindo dan TNI saling memahami dalam program olahraga bersepeda dengan harapan dapat meningkatkan dan menguatkan mental, fisik dan kedisiplinan, agar memiliki jiwa perjuangan, semangat dan kebanggaan.

Lebih lanjut kepada seluruh jajaran TNI dan unsur PT. Mitra Lintas Putraindo, Panglima TNI berharap, pertama, membangun dan mewujudkan komunikasi dua arah yang efektif, efisien, intensif dan transparan, sehingga setiap dinamika dan kendala pelaksanaan kesepakatan kerjasama ini dapat diatasi; kedua, melakukan koordinasi dan berupaya menggugah serta mengajak seluruh komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama mendukung setiap kegiatan; ketiga, memelihara  kekompakan dan kualitas kinerja dengan semangat kejujuran yang tinggi, agar pelaksanaan kesepakatan kerja sama ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar.