TNI Angkatan Udara; Siap Gelar Bulan Dirgantara Indonesia

TNI Angkatan Udara; Siap Gelar Bulan Dirgantara Indonesia

Pancoran, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka peringatan ulang tahunnya yang ke-70, yang jatuh pada tanggal 9 April 2016 mendatang, TNI Angkatan Udara bakal menggelar kegiatan kedirgantaraan spektakuler yang bertajuk Bulan Dirgantara Indonesia 2016.

"Memperingati hari jadi TNI AU di tahun 2016 ini, TNI AU mencanangkan bahwa setiap bulan April akan dijadikan hari kedirgantaraan nasional," ujar Marsekal Pertama TNI Ir Dwi Badarmanto, ST, MT, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara saat memberikan keterangan kepada rekan-rekan media di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta, kemarin, 24/02/2016.

Bulan Dirgantara Indonesia 2016, akan digelar selama bulan April 2016 dengan berbagai kegiatan, diantaranya beberapa pertandingan cabang olah raga dirgantara (Ordirga) seperti cabang olah raga Paralayang, Gantole, Cross Country Bike Challenge, Terjun Payung, Para Motor, Terbang Layang, Aeromodelling, Trike dan Perlombaan Drone.
"Pertandingan cabang olahraga tersebut akan memperebutkan piala Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau)," pungkas Dwi Badarmanto.

Disamping itu TNI AU juga akan menggelar Pameran pendidikan dan teknologi Dirgantara (Dirgantara Edu-Tech Expo) dan Seminar Nasional Kedirgantaraan.

Kejuaran tersebut akan digelar di beberapa tempat seperti kawasan gunung mas Puncak, Bogor untuk Kompetisi Paralayang, Gantole, dan Cross Country; Lanud Atang Sanjaya Bogor untuk Terjun Payung dan Para Motor; Lanud Suryadarma, Subang untuk lomba Terbang layang; Lanud Sulaiman, Bandung untuk Aeromodelling dan Trike. Sementara untuk perlombaan drone akan digelar si kawasan wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta.

Untuk kegiatan pameran sendiri akan diselenggarakan di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 15-17 April 2016.

"Pameran ini akan diisi dengan pameran Kedirgantaraan dan persenjataan, atraksi Paskhasau, lomba fotografi, lomba melukis dan mewarnai serta hot air ballon," kata Dwi Badarmanto.

Sementara itu untuk kegiatan seminar kedirgantaraan akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 April 2016 di Jakarta dengan tema, “Meningkatkan Peran TNI Angkatan Udara dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Berbagai kegiatan TNI AU dalam menyambut hari jadi yang ke-70 ini dilaksanakan dengan tujuan ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa TNI Angkatan Udara hadir dan  mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat Kedirgantaraan Nasional kita.
"TNI Angkatan Udara ada dan mengajak kepada publik untuk ikut mengenal lebih dekat dengan Kedirgantaraan kita," ujar Dwi Badarmanto.

Kadispen AU, Dwi Badarmanto juga menjelaskan bahwa, selaku komponen utama pertahanan negara di dirgantara, TNI AU mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan kekuatan dukungan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Pembinaan dan pengembangan potensi kedirgantaraan diarahkan untuk memberdayakan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara di dirgantara, yang diarahkan terbentuknya komponen pendukung matra udara, yang mampu membantu pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kadispen AU, berharap semua rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara Indonesia 2016 dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta semakin mendekatkan TNI AU dengan rakyat.