THAILAND COBRA GOLD EXERCISE 2017; Sukses Di Gelar

THAILAND  COBRA GOLD EXERCISE 2017; Sukses Di Gelar

Jakarta, Kabarindo- Kabar baik dari KBRI Thailand.

Tentara Nasional Indonesia mengikuti latihan bersama dengan 29 negara partisipan, 7 negara sebagai peserta utama (Thailand, Amerika, Singapura, Indonesia, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia), 10 negara sebagai Multinational Planing Augmentation Team (MPAT) dan 9 negara ikut dalam Combined Observer Liasion Team (COLT) di Thailand dengan sandi "Cobra Gold" 2017, yang dihelat mulai tanggal 14 sd 24 Februari 2017. Acara pembukaan latihan dilaksanakan di pangkalan Utapao Provinsi Chonburi Thailand. Athan RI Bangkok, Kolonel Czi I Made Tirka Nurgaduh mengatakan bahwa dalam latihan bersama tahunan ini digagas Komando Armada AS Asia Pasifik (US Pasific Command/ USPACOM) 2017 ini, dan TNI mengirimkan pasukannya sebanyak 41 orang TNI.

TNI mengikuti enam materi latihan bersama yakni Senior Leader Symposium(SLS) dipimpin oleh Laksma TNI Muhammad Ali, Medical Senior Symposium dipimpin oleh Brigjen TNI dr.Ansori Sueb, Medical TTX Symposium, ECG, STAFFEX (Staff Exercise) yang diikuti oleh 30 Perwira TNI dan Engineering Civic Action Program (ENCAP) dipimpin oleh Kapten Czi Satriady Prabowo dengan misi perbantuan kemanusian. Fokus dari latihan bersama kali ini adalah meningkatkan kemitraan dan sinergitas antar satuan militer tujuh negara yang tergabung dalam latihan tersebut, skenario latihan juga mencerminkan realitas yang kompleks dari konflik bersenjata kontemporer yang melibatkan ancaman tradisional dan non-tradisional dengan komplikasi kemanusiaan, ungkap Athan RI Bangkok menambahkan. Latihan bersama "Cobra Gold" ke-36 diikuti sekitar 8.333 personel militer dari 29 negara partisipan. Latihan dilakukan dalam dua tahapan yakni geladi posko dan geladi lapang.

Dalam materi latihan bantuan kesehatan dan kemanusiaan Indonesia akan bergabung dengan militer Singapura, Thailand, Korea Selatan, Malaysia dan Jepang. Cobra Gold merupakan latihan militer terbesar tahunan multilateral di Asia-Pasifik dan kegiatan Latihan Bersama ini dibuka oleh komandan USPACOM AS Laksamana Harry B Harris Jr. Turut hadir dalam upacara pembukaan latihan Cobra Gold 2017, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand bersama Bapak Dubes RI HE. Ahmad Rusdi menyampaikan apresiasi yang sangat besar dan bangga atas pencapaian yang telah dilakukan oleh TNI guna menjalin hubungan kerjasama Militer dalam menjaga stabilitas kemanan di kawasan Asia-Pasifik, hal ini dapat terlihat betapa solid dan akrabnya para prajurit TNI yang tergabung dalam Latihan Cobra Gold 2017 ini.