Sulut-Jepang; Rintis Kerjasama Pintu Gerbang Asia

Sulut-Jepang; Rintis Kerjasama Pintu Gerbang Asia

Manado, Kabarindo- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merintis kerjasama dengan Provinsi Tottori, Jepang, di berbagai bidang sebagai salah satu langkah menjadikan daerah itu sebagai pintu gerbang Indonesia di Kawasan Asia Pasifik.

"Kerjasama antardaerah dalam satu negara, termasuk dengan daerah di negara lain menjadi semakin penting di era otonomi dan globalisasi ini," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Noudy Tendean di Manado, Selasa.

Noudy mengatakan bingkai kerjasama itu telah ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Kerjasama Daerah.

Kerjasama yang dirintis dengan Pemerintah Provinsi Tottori itu merupakan kebijakan dan terobosan strategis untuk menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

"Usulan rintisan peluang kerjasama antara Provinsi Sulawesi Utara dengan Prefecture Tottori Jepang akan dilakukan pada bidang pengembangan pemerintahan lokal, sektor industri dan pariwisata," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.