Sulawesi Utara; Siap Ekspor Tepung Kelapa Ke Brazil

Sulawesi Utara; Siap Ekspor Tepung Kelapa Ke Brazil

Manado, Kabarindo- Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, T Hasudungan Siregar.

Ia mengatakan, daerah tersebut mengekspor puluhan ton tepung kelapa ke Brasil pada pekan pertama Februari 2015.

"Tepung kelapa yang diekspor ke Brasil di awal Februari 2015 sebanyak 26 ton dan mampu menghasilkan devisa 52.000 dolar Amerika Serikat," kata Siregar, di Manado, Kamis.

Sulawesi Utara terus mendorong peningkatan ekspor Sulawesi Utara ke negara itu, karena terlihat masyarakatnya semakin menyukai produk turunan kelapa ini.

Hampir setiap minggu, ada pengekspor komoditas tepung kelapa minta diterbitkan surat keterangan asal.

Sebelumnya, memang sudah pernah ada pengiriman tepung kelapa ke negara itu, tetapi jumlahnya relatif sedikit, tetapi sejak ahir tahun lalu, permintaan pembeli negara itu meningkat.

Tepung Kelapa merupakan salah satu produk turunan kelapa atau integrated coconut yang menjadi unggulan Sulawesi Utara dengan jumlah negara pembeli paling banyak dan merambah semua benua.

Komoditas tepung kelapa diolah dari daging buah kelapa melalui proses produksi dari beberapa pabrik yang beroperasi di Sulawesi Utara.

Selain Brasil, negara di kawasan Eropa, Afrika, Australia, dan Asia pembeli potensial tepung kelapa mereka seperti dilansir dari laman antaranews.