Sukarelawan PMI Sambut 2016; Siap Ciptakan Lingkungan Aman

Sukarelawan PMI Sambut 2016; Siap Ciptakan Lingkungan Aman

Jawa Tengah, Kabarindo- PMI Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Lokakarya Relawan PMI Jawa Tengah yang diikuti 35 orang perwakilan 35 PMI Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, pada 27-30 Desember di Pusdiklat PMI Jateng, Semarang.

“Kekuatan Sukarelawan adalah kekuatan Palang Merah Indonesia, merupakan tema Hari Sukarelawan PMI tahun 2015. Kerena relawan sebagai tumpuan PMI dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik,” ujar Imam Triyanto, Ketua PMI Jawa Tengah saat membuka lokakrya.

Lokakarya kali ini mengangkat tema khusus yaitu Penciptaan Lingkungan Aman. “Untuk tema kegiatan tahun ini yaitu Penciptaan lingkungan yang aman, hal ini karena diselaraskan dengan kegiatan sebelumnya untuk Staf dan Pengurus serta untuk anak-anak PMR,” terang Wuri Widiyanti, Kadiv Relawan PMI Jateng.

Salah seorang fasilitatoor lokakarya, Bambang Kristiyono, menyebutkan bahwa 10 Langkah untuk menciptakan lingkungan yang aman merupakan suatu sumber daya untuk organisasi dan komunitas untuk membantu pengembangan, pelaksanaan dan monitoring. “Ten step (10 langkah) ini merupakan tindakan kongkret untuk mencegah, mengurangi, memitigasi, dan menanggapi tindak kekerasan antar individu seperti fisik, seksual, emosional dan penelantaran,” paparnya.

Darji Rumangsa, perwakilan dari Kabupaten Pekalongan, terpilih menjadi Koordinator Sukarelawan PMI Jateng periode 2016 menggantikan Agus Boni (Kota Semarang). Darji juga dibantu oleh Moedjiyono (Kab. Blora) sebagai koordinator wilayah I, Sukardi (Kab. Boyolali) sebagai koordinator Wilayah II dan Wahidin Saparjo Setiabudi (Kab. Purbalingga) sebagai koordinator Wilayah III.

Diakhir lokakarya menghasilkan rekomendasi antara lain adanya jejaring anggota  relawan Jawa Tengah yang terorganisir, adanya pemahaman tentang manajemen pembinaan dan pengembangan sukarelawan, adanya masukan program kerja PMI di bidang sukarelawan serta adanya peran nyata sukarelawan dalam perencanaan kegiatan PMI.