Subhan Aksa; Siap Tampil All Out

Subhan Aksa; Siap Tampil All Out

Jakarta, Kabarindo- Hari ini dari rilis yang diterima, Kamis (14/11) malam waktu Wales, perjalanan dan perjuangan panjang di Rally Inggris dimulai. Berawal dari SS (Special Stage) pembuka di Gwydyr pada pukul 19.05 waktu lokal dan berakhir di SS 3 Clocaenog 1 sekitar tengah malam.

Hanya tiga SS itu yang dihelat pada hari pembuka. Jaraknya pun pendek-pendek. Lintasan kompetisi ketiga SS itu hanya 24,98 km.

“Tapi, setiap kilometernya sangat vital dan jadi penentu ke langkah berikutnya. Jika becek seperti saat survey, semua peserta akan mendapat kesulitan ekstra. Para peserta WRC2 juga kena efek negatifnya berupa lintasan yang lebih hancur karena sebelumnya sudah dilalui mobil-mobil kelas WRC. Kami sendiri sudah bersiap diri apa pun nanti kondisinya. Yang pasti perlu konsentrasi penuh di tiga SS itu, apalagi lomba malam hari belum terlalu biasa,” ujar Subhan “Ubang” Aksa, pereli Indonesia yang terjun regular di serial FIA 2013 World Rally Championship (WRC) 2.

Ia sendiri berharap lomba bisa berlangsung dalam lintasan kering. Namun, ia juga mempersiapkan diri jika harus bertarung  di tengah hujan apalagi ada prediksi bakalan diguyur es hitam (black ice) yang sangat licin melapisi lintasan dan tidak terlihat secara kasat mata. Pacuan R5-nya pun sudah punya pilihan set-up untuk kedua kondisi tersebut.

“Kalau hujan ya sekalian di semua SS, kalau kering ya kering semuanya. Itu yang diharapkan. Akan sangat merepotkan ganti-ganti setingan mobil jika lintasan berubah-ubah dari basah ke kering dan basah lagi.” Ditambah lagi pada hari Jumat (14/11) & Sabtu (16/11) reli akan berlangsung tanpa memasuki area service ditengah-tengahnya untuk perbaikan apabila ada kerusakan sehingga membuat seluruh pereli harus pintar-pintar menjaga mobilnya agar tidak mengalami kerusakan yang membahayakan.

Persiapan terakhir Ubang berlangsung Kamis pagi waktu lokal dalam sesi shakedown atau dalam istilah balap FI dan MotoGP dikenal sebagai free practice. Seri pamungkas kejuaraan dunia 2013 ini akan menempuh total jarak tempuh 1.502 km dan salah satu reli terpanjang dunia. Total jarak kompetisi dalam 22 SS adalah 312,38 km dan berlangsung sepanjang Kamis (14/11) hingga Minggu (17/11) petang. Sebuah perjalanan dan perjuangan panjang yang menuntut persiapan optimum di semua aspek.

“Insya Allah, semuanya sudah siap. Tinggal geber mobil dan berusaha tampilkan yang terbaik,” ujar Ubang yang merasa dapat suntikan semangat tersendiri kala beberapa kali dikunjungi mahasiswa Indonesia yang belajar di Inggris.

Para mahasiswa itu datang ke parcferme di Deeside dan beberapa di antaranya mengaku akan menonton jalannya reli sembari weekend dan berdoa demi Merah Putih.

“Saat berlomba di negeri orang, selalu menyenangkan bertemu bangsa sendiri. Apa yang teman-teman ini rasakan sama dengan yang saya rasakan saat sekolah di negara ini. Saya sangat bangga dan bersemangat setiap kali atlet bulutangkis Indonesia main di All England. Kini saya kembali ke sini dengan status atlet, semoga bisa mewujudkan harapan mereka dan juga harapan saya dan seluruh kru Bosowa Fastron Rally Team,” tutup Ubang yang akan mengakhiri semusim masa adaptasinya di ajang WRC2.

Berkat prestasinya sebagai finisher 4 Besar di Rally Spanyol lalu, Ubang salah satu yang difavoritkan untuk bertarung ke podium Rally Inggris. Setidaknya begitulah analisa yang beredar menjelang lomba.