Subhan Aksa; Menuju RACC Rally De Espana Spanyol

Subhan Aksa; Menuju RACC Rally De Espana Spanyol

Jakarta, Kabarindo- Itu pertanyaan penting dan sulit dijawab menjelang reli bergengsi RACC Rally de Espana, Spanyol, 24-27 Oktober, yang menjadi putaran ke-12 serial FIA 2013 World Rally Championship (WRC) atau seri ke-5 untuk Subhan Aksa di kelas WRC-2.

Tahun lalu prestasi manis ditorehkan Subhan ‘Ubang’ Aksa pada kejuaraan dunia reli mobil yang lintasannya paling unik di antara semua seri WRC, karena  satu-satunya lomba yang berlangsung di atas lintasan campuran aspal dan gravel. Bertanding di kelas PWRC kala itu, Ubang menjadi runner up hasil keseluruhan hingga SS ke-15 dari 18 SS yang harus diarungi. Sayang, pecah ban membuatnya terpuruk ke urutan 4 pada SS16. Dan, di SS terakhir, ia kembali fight dan sukses ke podium sebagai finisher ketiga dengan kibaran Merah Putih. Itu sekaligus menutup musim PWRC dengan hasil 5 Besar.

Pekan depan, pereli binaan Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) itu kembali menuju RACC Rally de Espana. Kali ini bertarung di kelas WRC-2, kelas yang jadi gerbang terakhir ke kancah tertinggi WRC. Mampukah Ubang mengulang cerita sukses yang sama?

Diberondong pertanyaan macam itu, Ubang hanya tersenyum dan menjawab singkat.

“Fifty-fifty!” katanya saat jumpa sejumlah rekan media di Jakarta, Sabtu (19/10).

Ia jelaskan rivalitas di WRC-2 jauh lebih ketat dibandingkan PWRC tahun lalu, kontestannya pun hampir dua kali lebih banyak. Beberapa di antaranya para pereli profesional Eropa macam Robert Kubica (Polandia) yang eks driver Formula 1, Sepp Wiegand (Jerman), dan Elfyn Evans (Inggris) yang profesinya memang pereli dengan mengikuti seri kompetisi yang padat. Selain itu, ada pula pereli tangguh Yazed Al Rajhi (Arab Saudi), dan Nicolas Fuchs (Peru).

“Mereka itu yang bakal jadi lawan berat di antara 14 peserta WRC-2 yang turun di Spanyol berdasarkan entry list saat ini.  Semuanya sudah pernah kami hadapi di seri-seri sebelumnya, dan sejauh ini ada saat kita menang dan ada saat kalah dari mereka,” ujar Ubang yang jadi pereli pertama yang mematahkan dominasi Kubica di Rally Yunani 2013.

Kala itu Kubica memborong kemenangan SS1 sampai 9. Setelah sempat menempel ketat di SS sebelumnya, Ubang pun menjuarai SS10 dengan selisih waktu 2,5 detik atas Kubica. Dan, sejak saat itulah Kubica bermain safe dan empat SS berikutnya pun ‘dimakan’ Youri Protasov (Ukraina). Ubang sendiri akhirnya terhenti di SS11 karena kecelakaan dalam posisi 4 Besar overall.

Pada Rally Jerman medio Agustus lalu, Ubang juga bisa beri perlawanan terhadap Kubica, Evans, Wiegand, dan Hayden Paydon (pereli profesional Selandia Baru). Hingga SS ke-15 dari 16 total SS, ia kokoh di urutan 4 Besar overall. Apesnya, mobil baru R5 yang ia kemudikan terkendala rem di SS terakhir, bablas di sebuah tikungan dan terhenti.

“Saya percaya pada nasib dan yang bisa kita lakukan hanya berdoa. Dari segi performa, kita sesungguhnya bisa bersaing dengan pereli papan atas WRC-2 meski belum sampai pada tahap persaingan perebutan gelar juara. Untuk sampai pada level itu, saya masih memerlukan lebih banyak jam terbang di dalam kokpit mobil,” tambah Ubang.

Ia sendiri tak ingin terbebani dengan mematok target podium seperti musim lalu. Namun, ia pastikan, bersama navigator Nicola Arena akan berjuang maksimal untuk hasil akhir yang juga maksimal.

“Jika hasilnya podium lagi ya Alhamdulillah. Yang pasti, kami ingin jalani reli dengan kondisi normal dan coba bertarung ke level lebih tinggi seperti di Yunani dan Jerman. Insya Allah kali ini perjuangan kami juga dibarengi keberuntungan. Jadi, kalau pertanyaannya bisa podium lagi atau tidak, jawaban saya Insya Allah dan mohon dukungan doa teman-teman. Secara teknis, peluang tetap ada. Ya, fifty-fifty begitu karena dalam reli banyak hal yang tak bisa diduga. Semua peserta bisa mengalami nasib baik dan buruknya secara sendiri-sendiri,” tandasnya.

Rencananya Ubang berangkat ke Spanyol pada minggu tanggal 20 Oktober untuk aklimitasi cuaca dan selanjutnya masuk pada sesi recce atau survey lintasan.


Ayo Dukung Ubang................!