Standard Chartered; Rilis Bulan ASEAN Celebrates Ten

Standard Chartered; Rilis Bulan ASEAN Celebrates Ten

Jakarta, Kabarindo- Standard Chartered Bank bulan Oktober nanti akan merayakan dua pencapaiannya di Asia Tenggara, yaitu kehadiran Bank ini di kesepuluh negara ASEAN, serta ulangtahun ke-10 dari program komunitasnya:  Seeing is Believing (program yang bertujuan untuk mengurangi kebutaan yang dapat dihindari), dan Living with HIV (program peningkatan kesadaran masyarakat tentang HIV/AIDS).

Dengan dibukanya kembali kantor cabang di Myanmar pada awal tahun ini, menjadikan Standard Chartered sebagai bank internasional pertama yang hadir di kesepuluh negara anggota ASEAN.

Dalam rangka merayakan terobosan-terobosan inilah, Standard Chartered memilih bulan kesepuluh di tahun ini sebagai  bulan “ASEAN Celebrate Ten – Transforming Communities”. Dalam kegiatan ini, 17.000 karyawan Standard Chartered Bank di kawasan ASEAN akan terlibat dalam usaha pengembangan komunitas di wilayahnya masing-masing.

“Komitmen Standard Chartered adalah Here for good, dan kami yakin kami dapat menjalankannya dengan mendukung pengembangan ekonomi yang berkelanjutan di pasar-pasar dimana kami beroperasi. Komitmen ini memiliki arti lebih dari sekedar transaksi bisnis. Ini juga berarti komitmen untuk mendampingin klien-klien kami disaat-saat yang sulit, serta komitmen yang dalam untuk melakukan kebaikan di komunitas-komunitas lokal. Melalui perayaan ASEAN Celebrate Ten kami ingin menunjukkan hal-hal tersebut, sambil mencanangkan kembali fokus kami pada perkembangan dan keberlanjutan masyarakat,” demikian ujar Neeraj Swaroop, Regional Chief Executive Officer, Asia Tenggara (di luar Singapura).

Aktivitas-aktivitas utama yang sedang dilaksanakan di kawasan ASEAN diantaranya adalah:

1. Brunei Darussalam – Pemeriksanaan kesehatan mata Seeing is Believing, peluncuran program pembagian kacamata  gratis bekerjasama dengan RS Raja Isteri Pengiran Anak Saleha, Turnamen bowling dengan mata tertutup dengan Asosiasi Brunei Darussalam untuk Tunanetra.

2. Indonesia – Kegiatan kampanye kesehatan melalui kegiatan Sports for Sight yang melibatkan lebih dari 1000 sukarelawan di Jakarta, bincang edukasi di Sekolah Menengah Pertama, Peluncuran klinik diabetic retinopathy Seeing is Believing di Jogjakarta.

3. Malaysia – Jualan untuk tujuan sosial Seeing is Believing di Kuala Lumpur,  kegiatan pendidikan keuangan untuk anak-anak dari suku pedalaman, bimbingan teknik tactile grafis untuk para pelajar yang tunanetra.

4. Myanmar – Bimbingan teknis pendidikan keuangan di beberapa sekolah menengah yang ada di Yangon.

5. Filipina – Pemeriksaan kesehatan mata Seeing is Believing dan bincang-bincang pendidikan Living with HIV di sebuah sekolah dasar di Manila, serta Kegiatan amal pesta kuliner Seeing is Believing.

6. Singapore – Silver Lining Carnival: Sebuah ajang komunitas yang bertujuan untuk menjangkau 800 manula yang membutuhkan dengan partisipasi lebih dari 1000 staf sukarelawan,  Kegiatan Amal Hari Memijat Gratis Seeing is Believing  bekerja sama dengan Asosiasi Tunanetra Singapura.

7. Thailand – Para staf melakukan kerja sukarela di 10 sekolah tunanetra di berbagai wilayah Thailand, serta penyelenggaraan sesi-sesi pendidikan keuangan untuk wanita tunanetra yang berasal dari Pusat Rehabilitasi dan Pelatihan Sampran.

8. Vietnam – Kegiatan amal pesta kuliner Seeing is Believing ASEAN di Hanoi dan Ho Chi Minh City.

9. Kamboja & Laos – Ajang penggalangan dana yang paling menantang secara fisik dimana kita akan menyaksikan sejumlah staff relawan Standard Chartered dari 10 negara ASEAN melakukan tantangan “Bike for Sight”, bersepeda sepanjang 700+ km dari Angkor Wat ke Vientiane. Tantangan tujuh hari tersebut bertujuan untuk menggalang dana sebesar 50.000 USD untuk Seeing is Believing. Para staff relawan tersebut juga akan melakukan sejumlah kerja relawan di komunitas-komunitas desa yang mereka lalui.

Bagi yang tertarik untuk mendukung kegiatan penggalan dana tersebut dapat melakukannya dengan memberikan donasi melalui halaman web kami: http://seeingisbelieving.org/fundraising/cambodia-laos-%E2%80%93-bike-sight