Standard Chartered Indonesia; Peringati hari AIDS Sedunia

Standard Chartered Indonesia; Peringati hari AIDS Sedunia

Jakarta, Kabarindo- Standard Chartered menandai Hari Aids Sedunia dengan melakukan kampanye bersama 800 pelajar dari lima sekolah dan 300 karyawan Bank.

Berkolaborasi dengan mitra kerja dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Bank mengadakan rangkaian kegiatan yang melibatkan remaja dan karyawannya yaitu berupa jalan sehat sepanjang area Jl. Jend. Sudirman, flashmob dan aneka lomba kreatif. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pendekatan kepada remaja dan pekerja termasuk publik yang ditemui disekitar tempat acara, sehingga mereka peduli terhadap virus HIV dan bahaya penyakit AIDS.

Pada kesempatan yang sama, Standard Chartered juga menyebarluaskan informasi menarik mengenai penerbitan e-Booklet baru yang berisi pengetahuan HIV/AIDS, dibuat dengan berbagai bahasa sehingga mudah dipahami.

Mengacu kepada data resmi Kementerian Kesehatan RI, sejak pertama kali ditemukan tahun 1987 sampai dengan Maret 2013, HIV- AIDS telah tersebar di 348 (atau 70%) dari 497 kabupaten/ kota di seluruh provinsi di Indonesia. Adapun jumlah kumulatif kasus HIV dan AIDS yang dilaporkan di Indonesia sampai dengan Juni 2013 adalah masing- masing 108,600 dan 43,667 orang.  Secara global, virus HIV/ AIDS telah melanda 34 juta orang, dengan penderita terbanyak berada di benua Asia dan Afrika, yang merupakan wilayah utama operasional Bank Standard Chartered.

Arno Kermaputra, Country Head of Corporate Affairs Standard Chartered Indonesia, mengatakan: ”Kami menyadari betapa pentingnya untuk memperluas edukasi HIV/AIDS di Indonesia. Mengacu kepada kenaikan penularan infeksi HIV setiap tahunnya dan karena ketidaktersediaannya vaksin untuk menyembuhkan, maka harapan satu-satunya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan terjangkitnya virus HIV atau penularannya jika orang tersebut menderita HIV Positive. Untuk itu, Standard Chartered Bank secara global, disetiap negara dimana kami berada, kami selalu berusaha memberikan sebuah kontribusi nyata untuk edukasi HIV AIDS. tahun ini, untuk menandai Hari AIDS Sedunia, kami meluncurkan online ebooklet multi-bahasa yang disebut You-Me & HIV. eBooklet ini memberikan informasi yang berguna untuk meluruskan mitos yang salah dan juga memberikan pengetahuan tentang pencegahan dan penularan HIV/AIDS.”

Sebagai lembaga yang bercikal bakal dari pencegahan dan edukasi HIV/ AIDS, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation), sejak didirikan di tahun 1999 telah memberikan tanggapan serius akan pentingnya pencegahan dan edukasi dini mengenai HIV/ AIDS terutama kepada generasi muda, yang merupakan akar penerus legacy Indonesia yang harus dibangun dan diberdayakan. Melalui salah satu pilarnya, Healthy Lifestyle Promotion (HeLP), YCAB Foundation telah melakukan kampanye gaya hidup sehat ke lebih dari 7,000 sekolah di Jakarta. “Kampanye ini juga merupakan salah satu upaya YCAB Foundation dalam melaksanakan target Millenium Development Goal (MDGs) yaitu dengan memberikan edukasi mengenai pencegahan penularan virus HIV kepada remaja melalui kerjasama dengan global partner. Kami berterima kasih kepada Standard Chartered Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada YCAB Foundation sebagi mitra sejak tahun 2011 untuk melakukan edukasi tentang pencegahan HIV/AIDS kepada remaja di Indonesia. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya sehingga makin banyak remaja yang teredukasi dan dapat mengurangi penyebaran virus HIV pada remaja,” ujar Sekretaris Jenderal/COO YCAB Foundation dr. Iskandar Irwan Hukom.

Standard Chartered Bank dalam kerjasamanya dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa sejak tahun 2011 lalu, telah menjangkau lebih dari 12,000 remaja memperoleh pengetahuan tentang HIV/AIDS.