Standard Chartered Bank; Peringati Hari Penglihatan Dunia 2013

Standard Chartered Bank; Peringati Hari Penglihatan Dunia 2013

Jakarta, Kabarindo- Standard Chartered Bank.

Pagi tadi sukses gelar acara kampanye kesehatan mata bertajuk Sports for Sight, dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Dunia (World Sight Day) yang jatuh pada tanggal 10 Oktober nanti.

Kegiatan kampanye ini dilakukan oleh kurang-lebih 1.500 karyawan dan jajaran manajemen Standard Chartered Bank di Jakarta, dengan cara berjalan kaki serta bersepeda di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sambil membawa pesan-pesan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Seeing is Believing, sebuah program kemasyarakatan Standard Chartered Bank untuk mengatasi kebutaan yang bisa dihindari.

CEO Standard Chartered Bank Indonesia Tom Aaker mengatakan: “Kegiatan sederhana yang dilakukan karyawan Bank ini merupakan bentuk kepedulian dan penyadaran bagi masyarakat akan pentingnya pencegahan kebutaan. Selain dari kegiatan kampanye yang dilakukan oleh para karyawan relawan kami, Standard Chartered Bank juga menargetkan untuk dapat mengumpulkan dana secara global hingga sebesar USD100 juta hingga tahun 2020, untuk program kesehatan mata di berbagai wilayah dunia.”

Seeing is Believing sendiri merupakan program yang dijalankan Bank sejak tahun 2003 yang telah memberikan manfaat besar kepada masyarakat yang membutuhkan penglihatan yang lebih baik.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memperoleh dana lebih dari USD4 juta dari Standard Chartered Bank untuk melakukan serangkaian program kesehatan mata yang dikoordinasi oleh lembaga Helen Keller International.
Program ini mencakup distribusi vitamin A, operasi katarak, perawatan untuk diabetic retinopathy, serta pembagian kacamata gratis bagi siswa dan guru SD dan SMP di berbagai wilayah di Indonesia.

Sejumlah kegiatan penggalangan dana untuk kesehatan mata juga dilakukan oleh Standard Chartered Bank. Dana yang diperoleh nanti akan ditambahkan 100 persen oleh bank ini.

Kondisi kebutaan atau hilangnya penglihatan total merupakan masalah sosial yang tidak mungkin ditangani sendiri oleh Departemen Kesehatan, tetapi harus ditanggulangi secara terpadu oleh pemerintah dan seluruh unsur masyarakat. Saat ini, terdapat 39 juta orang di dunia yang mengalami kebutaan total sementara 246 juta orang mengalami masalah mulai kehilangan penglihatan (visually impaired) dimana 90 persen diantaranya berada dalam kondisi masih dapat dicegah untuk kebutaan total.

Menurut data, secara global dibutuhkan dana sebesar USD200 miliar per tahun untuk mencegah terjadinya kebutaan total tersebut.

Standard Chartered dengan 89.000 karyawan di seluruh dunia merupakan pendorong utama bagi program Seeing is Believing. Banyak karyawan yang menggunakan jatah cuti sebagai relawan untuk berpartisipasi dalam program ini guna meningkatkan kesadaran akan isu kesehatan mata bagi masyarakat setempat sekaligus memperkuat komitmen brand promise bank ‘Here for good’.