Sotheby’s International Realty; Jembatani Investasi Properti Mewah Di Seluruh Dunia

Sotheby’s International Realty; Jembatani Investasi Properti Mewah Di Seluruh Dunia

Surabaya, Kabarindo- Kalangan sangat kaya di Indonesia akan semakin mudah berinventasi di sektor properti super mewah di belahan dunia mana pun.
 
Kesempatan ini diwadahi List Sotheby’s International Realty, pialang perumahan mewah, yang kini hadir di Singapura dan siap melayani klien-klien dari kalangan sangat kaya dan super kaya di Asia Tenggara.
 
List Sotheby’s International Realty, Singapura, memiliki jaringan properti internasional, kemampuan pemasaran digital yang kuat dan 20 ribu tenaga penjual di hampir 70 negara sebagai pialang perumahan.
 
Sotheby’s International Realty memanfaatkan nama besar Sotheby’s Auction House yang bergengsi dan telah diakui di seluruh dunia. Di Amerika, merk ini identik dengan properti mewah dan bernilai tinggi, beberapa di antaranya merupakan milik klien selebritis seperti aktor Hollywood, Tom Cruise, dan penyanyi Celine Dion.
 
Sotheby’s International Realty pada 2015 melaporkan bahwa klien kelas atas mereka, termasuk dari Indonesia, setidaknya memiliki dua rumah dan 53% di antaranya memiliki tiga atau lebih rumah tinggal. Keputusan ini biasanya didorong oleh pertimbangan keluarga seperti gaya hidup untuk memiliki hunian di tepi pantai atau di area resor ski, sebagaimana juga terkait dengan potensi investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Tren ini semakin meningkat. Bagi mereka, rumah dilihat sebagai “gerbang kesempatan” dan keputusan membeli dibuat berdasarkan peluang-peluang yang akan muncul sebagai hasil dari memiliki rumah tersebut.
 
WealthInsight, lembaga riset dan intelijen untuk sektor manajemen kekayaan, terutama untuk kalangan High Net Worth Individual (HNWI) dan Ultra High Net Worth Individual (UHNWI), melaporkan bahwa kekayaan gabungan dari populasi HNWI di Indonesia pada 2016 sebesar 241 milyar dolar AS dan diperkirakan akan mencapai 336 milyar dolar AS pada 2018. Pada akhir 2013 saja, aset yang dialokasikan HNWI Indonesia di luar negeri mencapai 64 milyar dolar AS dan hampir 50% berada di wilayah Asia Tenggara.

“Indonesia negara yang berpotensi untuk melakukan investasi properti mewah di luar negeri. List Sotheby’s International Realty, Singapura, membukakan akses investasi selebar-lebarnya bagi HNWI Indonesia terhadap properti mewah di seluruh dunia,” ujar Leong Boon Hoe, Chief Operating Officer of List Sotheby’s International Realty, Singapura, dalam rilis yang diterima akhir pekan kemarin.

Properti perumahan akan tetap menjadi bagian utama dari portofolio investor kelas atas. Bagi investor Indonesia misalnya, properti mewah di Singapura menjadi pilihan yang menarik dengan penurunan harga 10% sejak pasar memuncak pada kuartal I/2013. Namun pada 2016, rasio penurunan perlahan mengecil jika dihadapkan dengan segmen lain yang berpotensi menunjukkan posisi pada poin terendah.