Sony Indonesia; Rilis 4K1 Consumer Camcorder Lengkap

Sony Indonesia; Rilis 4K1 Consumer Camcorder Lengkap

Jakarta, Kabarindo- Sony Indonesia hari ini meluncurkan camcorder konsumen 4K pertama -   Handycam® FDR-AX1 4K terbaru. Kini, penggemar video dapat mengambil gambar dengan konten 4K untuk gambar yang ekspresif dengan tingkat kejelasan yang tidak tertandingi serta warna indah pada setiap adegan.

 “Memperkenalkan camcorder 4K pertama untuk level konsumen, serta menawarkan para pembuat film pemula sebuah teknologi mutakhir juga kualitas gambar dari Sony yang belum pernah mereka rasakan hingga saat ini,” ucap Mr Kazuya Ota, Head of the Digital Imaging Marketing Division, Sony Electronics Asia Pacific. “Camcorder FDR-AX1 merupakan anggota baru dalam ekosistem 4K kami sebagaimana kami menghadirkan hasil kreasi pribadi ke masyarakat luas, dan secara dramatis memperluas tampilan Ultra HD.”

Empat Kali Lebih Brilian
Camcorder FDR-AX1 merekam gambar 4K dan HD dalam format XAVC S, yang menggunakan MPEG-4 AVC/H.264 Long GOP untuk video dan Linear PCM untuk kompresi audio, ketika menyimpan file dalam format MP4. Format XAVC-S memungkinkan waktu perekaman yang lebih lama, menempatkan hampir dua jam video 4K dalam 64GB XQD media card, membuat perekaman 4K lebih mudah dan lebih nyaman. Mengganti perekaman ke Full HD akan dapat menempatkan hampir 3 jam rekaman video 1920x1080 60p2 dalam satu kartu.

Camcorder FDR-AX1 dari Sony dilengkapi sensor gambar 4K yang sangat penting untuk mendapatkan kualitas gambar yang luar biasa. Sensor Exmor RTM CMOS tipe 1/2.3 menangkap resolusi gambar 4K (3840x2160), yang terdiri dari empat kali detil gambar Full HD, dan memiliki kecepatan output yang dibutuhkan oleh aliran data 4K 60 fps yang besar. Prosesor gambar yang luar biasa, identik dengan yang biasa ditemukan pada camcorder 4K professional, dengan cepat memproses sinyal yang dipancarkan dari sensor CMOS dan merangkai gambar secara real time pada 60p3.

Gambar asli juga dapat dipastikan dengan G Lens™ berkualitas dari Sony yang merubah apa yang lensa aspheric serta kombinasi kaca low-dispersion dapat hasilkan. G Lens™ secara khusus diatur untuk menangkap kualitas definisi dan warna yang menetapkan trobosan camcorder Handycam® ini pada kelasnya sendiri. Sebagai tambahan, lensanya menawarkan berbagai rangkaian pembesaran dari sudut lebar hingga 20x optical (setara 31.5-630mm 35mm) ketika Optical SteadyShotTM menjaga hasil rekaman tetap tajam dan stabil, meski pada mode telephoto.

Kontrol Kreatif dan Ergonomi
Camcorder FDR-AX1 dapat memberikan hasil yang indah layaknya film dengan tiga filter ND untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke sensor gambar melalui lensa. Pengaturan empat filter – Off (Clear), ¼ filter, 1/16 filter and 1/64 filter – memberikan penggunanya kemampuan memodifikasi kondisi cahaya, sambil tetap menjaga sudut rana yang diinginkan serta aperture meski pada hari yang cerah. Lima fungsi paint (white balance, gamma, detail, skin detail dan matrix) dapat dikombinasikan dan diubah untuk menciptakan ekspresi ala film serta tampilan sinematik.

Menyesuaikan dengan kualitas gambar 4K yang impresif, camcorder ini dilengkapi dengan dua konektor eksternal XLR professional untuk melengkapi mikrofon internal berperforma tinggi yang menghasilkan suara yang premium. Jack XLR ini memungkinkan penambahan mikrofon stereo yang dapat menangkap keseimbangan audio, yang kemudian diisinkronisasi dengan video untuk suara dan percakapan yang lebih jelas. Audio kemudian dapat digabungkan dengan rekaman yang dibuat menggunakan mic internal.

Untuk kemudahan penggunaan selama pembuatan film, camcorder FDR-AX1 dirancang dengan dua tombol start/stop yang ditempatkan dengan strategis serta lever pembesar pada gagang untuk kenyamanan akses dari sudut rendah. Sementara kontrol khusus juga disediakan untuk fokus auto/manual, tujuh tombol khusus dapat dipindahkan ke fungsi yang disukai pengguna. Fungsi yang ditentukan untuk penyesuaian dengan cepat termasuk Marker, Zebra, Peaking, Focus Magnifier, Auto Exposure Level, SteadyshotTM, Colour Bars, dan Rec Lamp.

XQD N series QN-N32
Penyimpanan Luas
Camcorder FDR-AX1 menggunakan media card XQD (seri N QN-N32/QN-N64 dan seri S QN-S32E/QN-S64E) untuk membaca dan menulis pada video 4K dengan halus dan berkecepatan tinggi, serta dilengkapi dua media slot XQD. Seperti yang terlihat pada camcorder professional Sony, camcorder FDR-AX1 dilengkapi dengan pengambilan gambar relay, yang dengan mulus beralih diantara rekaman dari dua media card sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat penyimpanan ditengah-tengah adegan. Pembuat video bahkan dapat melakukan ‘hot swap’ pada kartu, memindahkan kartu yang terisi penuh dari satu camcorder dengan dua slot dan menyelipkan ke penyimpanan yang masih kosong ketika sedang mengambil gambar tanpa ada gangguan.

Pengalaman Menonton yang Luar Biasa
Menampilkan kembali konten 4K yang telah diambil pada camcorder FDR-AX1 dengan mudah – cukup menghubungkan camcorder ke TV 4K yang kompatibel dengan satu kabel HDMI. BRAVIA dari Sony menghadirkan kualitas penuh dari rekaman 4K/60p, dengan  TRILUMINOSTM Display untuk menghasilkan palet kaya warna yang paling mendekati aslinya. Untuk mereka yang tidak menggunakan TV 4K, camcorder FDR-AX1 dapat menghasilkan gambar 1920x1080 pada TV Full HD, hanya dengan merubah pengaturan output pada camcorder.

Pilihan yang semakin berkembang atas paket software 4K juga membuatnya lebih mudah  bagi pengguna untuk melakukan “trim” gambar HD dari footage asli yang memiliki konten besar berisi detail gambar.

Standar Industri HDMI 2.0
Sony telah bersiap mendukung spesifikasi HDMI 2.0 pada camcorder Handycam® 4K dengan update firmware yang mudah tersedia di Internet. Baru saja diluncurkan oleh HDMI Forum, standar industri HDMI 2.0 menawarkan pilihan untuk mengirimkan sinyal 4K/60p menggunakan kabel HDMI tunggal. Dengan HDMI2.0 terbaru FDR-AX1 akan tersedia untuk output gambar 4K 60p tidak hanya untuk TV BRAVIA 4K, tapi juga untuk TV dan perangkat lain yang kompatibel dengan HDMI2.0

Ketersediaan
Handycam® FDR-AX1 akan tersedia di Indonesia mulai Desember 2013 untuk memastikan pengalaman 4K dengan camcorder FDR-AX1, VEGAS™ PRO 12 EDIT software dan 32GB XQD media card disertakan secara gratis. Follow #Handycam pada Twitter untuk informasi terbaru tentang camcorder Sony.