Smartfren Gandeng Samsung; Bundling Dengan Galaxy J2

Smartfren Gandeng Samsung; Bundling Dengan Galaxy J2

Surabaya, Kabarindo- Penjualan smartphone 4G yang tumbuh pesat di Indonesia mendorong PT Smartren Telecom Tbk. menggandeng produsen smartphone, Samsung, untuk menyediakan smartphone dengan teknologi 4G yang dapat digunakan dalam jaringan 4G LTE Advanced.

Regional Head East Java Bali Lombok Smartfren, Muhamad Cahyadi, mengatakan pihaknya memilih Samsung karena brand-nya cukup terkenal. Samsung memiliki market share terbesar di Indonesia dan memiliki pabrik di sini. Samsung juga menyediakan produk yang sesuai dengan band yang dimiliki Smartfren yaitu band 5 (850 MHz) dan band 40 (2300 MHz).

Ia menambahkan, tak menutup kemungkinan Smartfren melakukan bundling dengan brand dan produk lain, karena pihaknya menganut OMH (Open Market Handset).
 
“Kami terbuka untuk menjalin kerja sama dengan brand lokal maupun internasional,” ujar Cahyadi pada Jumat (13/11/2015).

Smartfren menggandeng Samsung dalam program bundling Galaxy J2 dengan kartu Smartfren 4G LTE Advanced yang dibandrol Rp 1,999 juta. Setiap pembelian bundling produk ini akan mendapat bonus paket data sebesar 4,5 GB (1,5 GB kuota data reguler dan 3 GB internet malam) yang berlaku 7 hari setelah aktivasi. Dengan isi ulang Rp. 100 ribu, akan mendapat total kuota 19 GB (5 GB kuota reguler, 12 GB kuota malam dan 2 GB kuota bonus). Bonus kuota 2 GB juga bisa dinikmati setiap isi ulang Rp. 100 ribu selama 12 kali dalam satu tahun.

Galaxy J2 memiliki layar 4,7 inci yang diperkuat prosesor Quad A53 1,2 GHz Exynos dengan RAM 1 GB dan kapasitas ROM 8GB. Smartphone ini dilengkapi kamera utama 5MP dan kamera depan 2 MP dengan lensa F2.2 yang dapat menghasilkan gambar lebih terang dan detil meski dengan cahaya minim.

Division Head Smartphone and Data Device Smartfren, Sukoco Purwokardjono, menargetkan penjualan bundling dengan Samsung Galaxy J2 mencapai minimal 300.000 unit dalam 2-3 bulan mendatang. Bahkan penjualan ini diprediksi mampu menembus angka 500.000 unit. Dari jumlah ini, kontribusi Jawa Timur, Bali dan Nusra sekitar 20%-30%.

Sukoco optimis, target tersebut dapat tercapai, karena penjualan bundling Smartfren memberikan kontribusi cukup besar. Ia menargetkan kontribusi bundling terhadap total penjualan bisa mencapai 50%.

Optimisme tersebut juga didorong oleh penjualan smartphone 4G di Indonesia yang terus meningkat. Setiap bulan tumbuh 3% dari total penjualan smartphone dalam beberapa bulan terakhir dan diyakini pertumbuhannya akan terus meningkat. Sukoco memprediksi sebanyak 50% smartphone yang dijual di pasaran pada 2016 adalah smartphone 4G.