Sleman Bike Tour; Siap Digelar 22 November

Sleman Bike Tour; Siap Digelar 22 November

Sleman, Kabarindo- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman bakal menggelar event wisata olah raga yang bertajuk Sleman Bike Tour, Minggu 22 November 2015 mendatang.

Acara gowess yang diperuntukkan bagi masyarakat umum ini akan memperebutkan doorprize utama 1 (satu) buah sepeda motor, 4 sepeda gunung dan berbagai dorprize elektronik lainnya. Start mulai pukul 08.30 di Lapangan Denggung Sleman dan Finish di Pasar Srowolan Pakembinangun Pakem dengan jarak tempuh 10 kilometer.
 
Hal itu dipapar oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA, Kamis 11 November 2015 saat jumpa pers di Press Room Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman.
 
Event ini dimaksudkan untuk memberikan wahana rekreasi sekaligus berolah raga kepada para pesepeda dikawasan lereng Merapi. Kawasan lereng Merapi merupakan kawasan yang sejuk dan segar udaranya ditambah panorama alam pedesaan yang mempesona. Terlebih lagi, jalur  fun bike ini akan berawal dari Lapangan Denggung Sleman dan akan melewati beberapa desa wisata yaitu Desa wisata Pajangan, Desa Wisata Brayut, Desa Wisata Karanggeneng, dan Pasar Perjuangan Sorowulan Purwobinangun Pakem sebagai lokasi finish.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengenalkan potensi rute sepedaan atau gowess kepada komunitas sepeda dan masyarakat penggemar sepeda sebagai alternatif kegiatan wisata yang berbasis sepeda.

Disamping peserta akan mengenal beberapa desa wisata yang dilewati, tentunya di Pasar Srowolan atau Pasar Perjuangan sebagai lokasi finish para peserta akan memperoleh manfaat berupa pengenalan aspek sejarah pasar itu sendiri. Pasar Srowolan ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dan kini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat melawan tentara Belanda pada saat clash ke II tahun 1948. Konon pasar ini pernah dipugar oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1921 dengan alasan pasar ini merupakan Pasar Kesultanan.

Dalam hal ini Pasar Srowolan berada di bawah administrasi Keraton Kesultanan Ngayogyakarta. Nama pasar Srowolan berasal dari nama seorang empu wesi, yaitu Empu Aji Sorowulan, yang menurut ceritera pernah hidup dan menetap di lokasi ini.

Endah menambahkan bahwa di lokasi finish juga sekaligus akan dilakukan pameran batu akik dan pameran keris. Yang lebih menarik menurut rencana kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan grup musik dari Anang Batas, sehingga diharapkan suasana humor akan memberikan kesan tersendiri bagi para peserta.

Pendaftaran sebesar Rp.30.000 per peserta hingga kuota 1.000 peserta terpenuhi dengan fasilitas T-Shirt, snack, asuransi dan kupon undian doorprize. Tempat pendaftaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Telp.0274-869613, TIC Jl. Malioboro No.14 Yogyakarta Telp. 0274-866000.