Sinarmas MSIG Life; Cetak Laba 384,6 Miliar Rupiah

Sinarmas MSIG Life; Cetak Laba 384,6 Miliar Rupiah

Surabaya, Kabarindo- PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) telah mengumumkan keberhasilan kinerja bisnisnya pada 2014 dengan mencetak laba bersih sebesar Rp. 384,6 miliar dengan total pendapatan premi bersih mencapai Rp. 7,4 triliun.
 
Keberhasilan tersebut mendorong optimisme perusahaan untuk menggandakan target pertumbuhan bisnis baru pada 2015.
 
Jumlah nasabah Sinarmas MSIG Life meningkat 67% dari sekitar 600 ribu pada 2013 menjadi hampir 1 juta nasabah individu maupun kelompok pada akhir 2014. Sementara rasio pencapaian solvabilitas dengan metode Risk Based Capital (RBC) perusahaan mencapai 747,95% untuk konvensional dan 64,26% untuk syariah. Dari komposisi produk, Sinarmas MSIG Life membukukan pertumbuhan premi reguler 158% dengan premi reguler unit link meningkat 173% dari tahun sebelumnya. Lini syariah yang sedang berkembang juga menunjukkan pertumbuhan signifikan hingga 117%.

“Ini memperlihatkan berkembangnya minat nasabah terhadap produk asuransi yang menawarkan perlindungan jangka panjang terkait investasi yang memberikan proteksi dan manfaat lebih secara jangka panjang,” ujar Johnson Chai, Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, pada Jumat (27/3/2015).
Pencapaian positif Sinarmas MSIG Life pada tahun lalu terkait erat dengan strategi pemasaran yang diperkuat jalur distribusi agency, bancassurance, direct marketing-telemarketing (DMTM) dan employee benefit.  Kontribusi keempat jalur ini terhadap annual premium equivalent (APE) bisnis baru secara berurutan adalah sebesar 38%, 20%, 9% dan 33%.

Sinarmas MSIG Life optimis menutup 2015 dengan raihan yang semakin positif. Perusahaan mengestimasi total pertumbuhan bisnis baru mencapai dua kali lipat pada akhir 2015. Sementara kontribusi unit bisnis Syariah terhadap total bisnis baru ditargetkan 25%, naik dari pencapaian 23% pada 2014. Produk reguler unit link yang diprediksi masih akan digemari tahun ini ditargetkan tumbuh dua kali lipatnya.

Tahun ini menandai 30 tahun Sinarmas MSIG Life berkiprah di industri asuransi jiwa tanah air. Perusahaan ini melakukan joint venture dengan Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. asal Jepang pada 2011. Kolaborasi ini menempatkan Sinarmas MSIG Life menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa beraset terbesar di Indonesia yang mencapai Rp. 20,44 triliun pada akhir 2014.
Sinarmas MSIG Life telah merancang strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan pada 2015. Peningkatan hubungan Bancassurance dengan mitra usaha maupun calon mitra usaha potensial akan dilakukan, juga upaya penambahan jumlah agen aktif serta kegiatan pemasaran digital.