Simon Santoso; Lolos Kualifikasi

Simon Santoso; Lolos Kualifikasi

Jakarta, Kabarindo- Pebulutangkis tunggal putra yang sedang dalam masa pengawasan ketat oleh PP PBSI, Simon Santoso.

Ia berhasil melaju ke babak utama Korea Terbuka Super Series 2014. Di pertandingan terakhir babak kualifikasi, Simon mengalahkan juara dunia junior 2013 dari Korea Selatan, Heo Kwang Hee, 21-15, 21-19 dalam tempo 41 menit.

Sebelumnya di pertandingan kualifikasi pertama, Simon juga mengalahkan pemain dari Korsel, Park Sung Min, 21-18, 22-20 dalam waktu 43 menit. Simon tak banyak mengalami kesulitan berarti dalam menghadapi Hee. Di set pertama, Simon bahkan unggul jauh hingga 6-1.

Meskipun sama-sama berjuang di babak kualifikasi, Simon lebih unggul atas Hee dari segi pengalaman dan jam terbang. Pada set kedua, Simon yang sempat tertinggal jauh 6-11 mampu mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan menjadi 13-13. Ia bahkan balik unggul 15-14 dan merebut set kedua.

Kemenangan ini sekaligus menambah keunggulan Simon dalam rekor pertemuan dengan Hee menjadi 2-0. Sebelumnya di Korea Terbuka Grand Prix Gold 2013, Simon mengalahkan Hee juga dengan dua set langsung, 21-15, 21-9.

"Kalau dibandingkan dengan pertemuan sebelumnya, kali ini lebih sulit mengalahkan Hee. Dia tampil lebih sabar, pertahanannya lebih rapat, jadi tidak mudah dimatikan," Simon menjelaskan.

"Saat ketinggalan di game kedua, saya terlalu nafsu ingin mematikan bola. Hee sering melakukan balik serang, tetapi saya tidak siap. Setelah itu, saya bermain lebih fokus dan tidak terburu-buru serta lebih mengatur tempo," kata pemain asal Tegal ini.

Pada babak pertama yang akan dilangsungkan besok, Rabu (8/1), Simon sudah ditunggu lawan berat yaitu Chen Long, unggulan kedua dari Tiongkok. Pertandingan akan dimulai pada pukul 09.00 waktu Seoul seperti dilansir dari laman beritasatu.